Usaha Kecil dengan Modal Kecil

Usaha Kecil dengan Modal Kecil Itu Banyak

Usaha Kecil dengan Modal KecilAnda sedang mencari usaha kecil dengan modal kecil? Tenang, itu banyak sekali. Saya akan jelaskan disini bagaimana cara memilih sebuah usaha apakah dia termasuk usaha kecil dengan modal kecil atau modal besar. Karena ada usaha yang sepertinya kecil, ternyata modalnya besar.

Sebaliknya, ada juga usaha yang sepertinya modalnya besar, padahal termasuk usaha kecil dengan modal kecil. Jadi jangan tertipu. Jika Anda tertipu, Anda bisa melewatkan peluang yang besar, Anda abaikan peluang tersebut, padahal modalnya besar.

Lalu, apa yang dimaksud dengan usaha kecil dengan modal kecil? Kata kuncinya adalah modal, artinya uang yang Anda butuhkan untuk memulai usaha. Tetapi jangan dipersempit dengan biaya operasional atau modal kerja. Bisa jadi, modal awal memang kecil tetapi biaya operasional dan modal kerja besar. Kalau begitu sama saja donk? Tidak, tidak selamanya biaya operasional dan modal kerja Anda yang menanggung.

Kecil atau besar sebuah modal itu akan relatif bagi setiap orang? Jika saya sebut angka Rp 5.000.000, apakah itu besar atau kecil? Sebagian orang akan mengatakan kecil dan sebagian orang akan mengatakan besar, tergantung uang yang dia miliki saat ini. Jadi, besar kecilnya modal akan menjadi sangat relatif.

Bisa jadi, sebuah bisnis sebenarnya memerlukan modal yang besar untuk membeli banyak aset. Ternyata, sebagian besar aset yang diperlukan sudah Anda miliki, sehingga modal awal dalam bentuk uang yang diperlukan menjadi sedikit. Sekali lagi, besar atau kecil modal menjadi sangat relatif.

Kriteria Memilih Usaha Kecil dengan Modal Kecil

Bagaimana menilai apakah sebuah usaha itu termasuk usaha kecil dengan modal kecil atau modal besar. Anda jangan terpaku dengan jumlah uang yang kecil, tetapi dengan melebarkan kriteria, akan lebih banyak peluang di hadapan kita.

Sehingga sekarang kita mengatakan bahwa itu adalah usaha kecil dengan modal kecil jika kita mampu menjalankannya sekarang. Bukankah itu tujuan Anda mencari usaha kecil dengan modal kecil?

  1. Tidak memerlukan banyak aset yang dibeli agar bisnis berjalan.
  2. Cepat memberikan hasil, sebab jika lambat bisa dihitung mahal. Ingat “time is money”.
  3. Aset-aset yang Anda butuhkan sudah Anda miliki, misalnya tempat (bisa menggunakan rumah), komputer Anda sudah punya, koneksi internet sudah ada, dan sebagainya.
  4. Bisa menggunakan sumber daya dari luar, seperti pabrik atau mesin.
  5. Pembiayaan bisa didapat dari pelanggan Anda (meski pun jumlahnya besar).

Contoh Usaha Kecil dengan Modal Kecil

OK, untuk lebih memahami apa saja yang termasuk usaha kecil dengan modal kecil, akan saya berikan beberapa contohnya.

  1. Bisnis pulsa, ini cukup populer saat ini. Sebab dengan modal ponsel (yang kebanyakan orang sudah punya, tidak perlu bagus) plus deposit senilai ratusan ribu saja (bahkan ada yang tanpa deposit) Anda sudah bisa memulai bisnis ini.
  2. Bisnis Maklun. Ya, Anda bisa menawarkan jasa membuat produk tertentu tanpa harus memiliki mesin atau pabrik sendiri. Anda bisa menjual jasa membuat jaket misalnya, setelah dapat order, Anda mendapatkan uang muka untuk beli bahan, dan Anda maklunkan pekerjaan Anda kepada konveksi yang ada. Bisa juga diaplikasikan untuk bisnis cetakan.
  3. Bisnis Les Privat. Anda bisa menggunakan rumah sebagai kantor, kemudian mencari pengajar di perguruan tinggi ternama, dan Anda pasang iklan baris di koran yang biayanya murah.
  4. Bisnis Internet. Bisnis internet juga bisa dijalankan dengan modal kecil. Untuk komputer dan koneksi sekarang cukup murah, bisa juga menggunakan warnet. Website bisa dimulai dari blog gratisan dan halaman Facebook.
  5. Bisnis MLM. Banyak MLM yang bisa dimulai dengan biaya kecil dan Anda bisa mulai menjalankan bisnis sesaat setelah daftar.
  6. Menjual Jasa Sendiri atau Teman. Apa saja keterampilan yang Anda miliki sekarang? Atau apa keterampilan yang dimiliki oleh teman-teman Anda? Cobalah untuk ditawarkan kepada orang lain. Nyaris tanpa modal. Saya yakin, Anda akan menemukan banyak ide usaha dari menjual jasa.
  7. Bisnis Waralaba Kecil. Sekarang banyak peluang bisnis waralaba dengan modal antara Rp 3 jt samapai Rp 5 jt. Ya, untuk sebagian orang angka ini besar, tetapi sebagian orang akan mengatakan termasuk kecil.
  8. Dan masih banyak lagi, silahkan Anda gali ide-ide lagi berdasarkan kriteria diatas.

Tantangan Usaha Kecil Yang Harus Diperhatikan

Ada sebuah tantangan yang perlu Anda perhatikan pada usaha kecil dengan modal kecil. Ini adalah usaha yang mudah memulainya. Kenyataanya, jika Anda mudah masuk, maka sama halnya dengan orang lain. Usaha-usaha kecil dengan modal kecil seperti ini akan tumbuh seperti jamur, artinya Anda akan banyak saingan.

Inilah tantangannya, Anda harus bisa bertahan dan menang dalam persaingan. Jangan hanya mengandalkan “rezeki tidak akan lari kemana”, tetapi Anda harus berusaha sebab Allah memang menyuruhkan kita untuk berusaha.

Kalau begitu berat donk! Ya, memang berat dan tidak mudah. Anda bisa memulai dengan modal kecil, tetapi Anda pun akan berusaha keras untuk bersaing, bahkan hanya sekedar bertahan. Inilah tantangan usaha kecil dengan modal kecil.

Menjadikan Usaha Kecil Menjadi Usaha Besar

Anda bisa membesarkan usaha kecil dengan modal kecil Anda. Ada dua prinsip yang bisa Anda gunakan untuk menjadikan usaha Anda besar.

Duplikasi

Anda bisa menduplikasi usaha Anda menjadi banyak usaha. Kuncinya adalah, saat bisnis Anda sudah mulai jalan, maka buatlah sistem agar mudah diduplikasi. Tidak sedikit kisah juragan bakso, yang asalnya punya satu gerobak, menjadi ratusan gerobak.

Efek Bola Salju

Jika bola salju yang kecil, digelindingkan dari atas bukit, maka lama-lama akan menjadi sebuah bola salju besar. Begitu juga usaha kecil dengan modal kecil Anda, bisa menjadi besar seiring perjalanan Anda. Caranya:

  1. Bisnis Anda harus sudah menggelinding, artinya sudah jalan.
  2. Selalu menacari ide-ide untuk memperbesar bisnis Anda sejalan dengan perjalanan usaha Anda.
    1. Apakah produknya yang ditambah?
    2. Apakah jangkauan pasar yang ditambah?
    3. Apakah meningkatkan harga produk dan jasa?
  3. Jangan cepat puas dengan pencapaian Anda, teruslah cari ide-ide pengembangan.
  4. Kembangkan sesuai dengan kemampuan Anda.

So, berpikir apa lagi? Ambilah tindakan sekarang juga untuk memulai usaha kecil dengan modal kecil Anda.

Clip to Evernote

3 Responses to “Usaha Kecil dengan Modal Kecil”

  1. yusuf says:

    sangat menarik, sy memerlukan informasi pemasaran telor + manajemen usaha. untuk konsultasi kemana sy bisa menghubunginya? tks

  2. Ayayank says:

    Saya adalah orang yang termasuk masih bingung dalam menentukan model usaha kecil yang akan saya mulai.

    Mudah-mudahan dengan 5 kriteria dalam memilih usaha kecil di atas bisa jadi modal awal saya untuk menentukan usaha apa yang akan saya ambil.

  3. agusshr says:

    informasi yang sangat berguna, jadi semangat lagi. trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *