Peluang Kerja di Rumah : Reseller Program – Offline dan Online

Apa Itu Reseller Program?

Reseller ProgramReseller Program itu bisnis yang mudah dikerjakan dan bisa Anda lakukan di rumah. Reseller program sederhananya adalah Anda membeli produk untuk Anda jual kembali. Sederhana dan sudah banyak yang melakukannya. Artinya sudah banyak yang tahu… Termasuk Anda?

Tapi, tahukah Anda bahwa banyak sekali peluang bisnis ini baik online maupun offline? Yang mungkin tak terpikirkan oleh Anda?

Bagaimana agar sukses menjalankan reseller program?

Ok, dua pertanyaan itu yang akan coba saya jelaskan melalui posting ini, mudah-mudahan memberikan inspirasi bagi Anda, bahwa peluang kerja di rumah itu banyak, bahkan untuk reseller program saja sudah cukup banyak.

Tujuan saja adalah agar tidak ada lagi pertanyaan, saya mau bisnis apa?

Reseller Program VS Affiliate Program

Entah siapa yang memulai, di Indonesia banyak yang tidak bisa membedakan antara reseller program dengan afiliasi. Bahkan banyak yang menyebut program afiliasi dengan reseller program. OK, silahkan lihat perbandingannya:

Program Afiliasi

  • Anda menjual produk orang lain dengan komisi.
  • Transaksi ditangani oleh pengelola.
  • Website milik pengelola (jika online).
  • Modal kecil (gratis atau harus beli dulu 1 produk).
  • Pengelola yang mengendalikan.
  • Lebih mudah via online.

Reseller Program

  • Anda membeli dulu jadi milik Anda, kemudian dijual lagi.
  • Anda menangani transaksi sendiri.
  • Website Anda sendiri (jika online).
  • Modal relatif besar (harus beli banyak).
  • Kontrol lebih besar (sendiri).
  • Online atau offline.

Mungkin ada yang lebih tertarik program afiliasi, nanti kita akan bahas, insya Allah. Untuk sekarang kita fokus dulu di reseller program.

Reseller Program Produk Fisik

Reseller program untuk produk fisik sangat banyak dan dengan mudah kita temui dalam keseharian kita. Warung di depan rumah kita adalah menjalankan reseller program, dia beli di pasar dan dijual di warung.

Sederhana, intinya adalah Anda membeli produk dengan harga murah (harga grosir) kemudian Anda jual lagi dengan harga pasar. Anda bisa membeli banyak untuk dijual secara eceran.

Untuk produk-produk berupa komoditi, biasanya persaingan harga akan sangat ketat. Maka kunci suksesnya ada di volume dan kemampuan Anda mendapatkan pemasok dengan harga sangat murah.

Peluang reseller program untuk produk fisik sangat banyak. Banyak juga produsen kecil untuk memperluas pasarnya, mereka menggunakan reseller program karena cukup memudahkan dibanding membangun jaringan distributor. Baik produk berupa pakaian, makanan, obat-obatan, peralatan, dan sebagainya.

Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan produsen yang menjual produknya untuk reseller. Anda bisa mendapatkan berbagai produk untuk Anda jual di sini atau silahkan Anda buka google dan cari dengan kata kunci:

reseller [nama produk]

grosir [nama produk]

Sebagai contoh, jika Anda mencari reseller program untuk produk herbal, Anda bisa mencoba mencarinya dengan kata kunci reseller herbal atau grosir herbal. Anda akan banyak menemukan pemasok.

Jika tidak ditemukan di internet, Anda bisa mencarinya ke berbagai tempat dimana banyak orang yang menjual grosiran atau langsung ke produsen.

Bisakah mendapatkan penghasilan yang besar menjual produk fisik? Bisa! Sudah banyak yang berhasil bisnis menjual produk fisik baik dijual secara offline atau pun online.

Reseller Program Produk Digital

Ini juga tidak kalah banyaknya dengan reseller program untuk produk fisik. Produk digital banyak juga dipasarkan dengan cara reseller.

eBook Reseller Program

Ada perusahaan atau pebisnis yang memang menjual ebook untuk Anda beli dengan hak jual kembali. Anda menjual dengan peralatan marketing sendiri dan hasil penjualan sepenuhnya milik Anda. Jika Anda menjual ebook masih menggunakan website pengelola, itu artinya afiliasi, termasuk jika komisi 100% sekali pun.

Silahkan Anda cari di google tentang ebook reseller, akan banyak menjumpai vendor yang menjual ebook reseller.

Software Reseller Program

Sistemnya sama dengan ebook, hanya saja yang menjadi produk disini adalah software.

Hosting Reseller Program

Anda bisa menyewa hosting dalam kapasitas besar, kemudian Anda jual lagi dengan kapasitas yang lebih kecil. Banyak perusahaan hosting yang menawarkan peluang ini. Saya sendiri sudah hampir setahun menjalankan reseller program hosting. Lumayan. Jika Anda berminat dengan reseller hosting, Anda bisa membelinya di hostgator.

Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Reseller Program

  1. Pastikan produk yang Anda pilih memiliki demand (permintaan yang tinggi).
  2. Pilih produk yang cukup unik dan jarang dijumpai di toko biasa, tidak harus tetapi disarankan.
  3. Buat website yang profesional, teroptimasi SEO, dan bersedia mengeluarkan biaya promosi.
  4. Test dan ukur kegiatan promosi Anda.
  5. Meski menjual produk komoditi, tetap harus memiliki perbedaan atau keunikan sendiri.
  6. Tekun dan sabar, dari pengalaman teman-teman saya, biasanya mulai memberikan hasil pada bulan keempat.

Kesimpulan

Peluang kerja di rumah atau menjalankan bisnis rumahan itu banyak sekali. Sekarang kita baru bicara tentang reseller program. Padahal masih banyak ide-ide lain seperti program afiliasi, dropshipping, jasa, menulis, periklanan, dan sebagainya. Insya Allah akan dibahas pada posting-posting yang lain.

Untuk sekarang, silahkan jajaki peluang dari reseller program, mudah-mudahan ada yang cocok dengan Anda.

Clip to Evernote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *