Peluang Bisnis Baju Anak – Prospek dan Cara Menjalankannya

Prospek Peluang Bisnis Baju Anak

Peluang Bisnis Baju Anak

Peluang bisnis baju anak. Ada ungkapan, kalau untuk anak apapun pasti dilakukan orang tua. Nah salah satu produk yang biasanya membuat orang tua tidak tahan untuk membelinya adalah baju anak.

Karena baju anak itu lucu, apalagi baju anak balita. Baru liat aja orang tua pasti kabita.

Oleh karena itu, peluang bisnis baju anak merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Apalagi bila menjelang hari raya idul fitri. Penjualan produk baju anak bisa meningkat secara drastis.

Kalau begitu, pasti sudah banyak pemain dong? Ya, tapi bagi orang-orang kreatif peluang bisnis baju anak tetap menarik untuk digarap. Kuncinya adalah desain yang bagus dan jaringan distribusi yang memadai. Insyaallah hasilnya pasti bagus.

Peluang Bisnis Baju Anak Online

Karena semakin ramainya dunia online, maka otomatis peluang bisnis baju anak online pun ikut bagus. Dunia online sudah hampir menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat Indonesia. Anda bisa menjual baju anak secara online langsung ke hadapan mereka melalui handphone.

Jika Anda menjalankan usaha ini secara offline, Anda bisa membuka toko, lapak, atau kios. Jika Anda ingin menjangkau lebih luas, Anda bisa membuka di berbagai tempat.

Tidak dengan online. Anda bisa membuka satu toko saja tetapi bisa menjangkau seluruh Indonesia. Kalau pun Anda mau membuka banyak toko online, Anda bisa membukanya dengan biaya jauh lebih murah dibandingkan membuka toko secara fisik.

Sangat sayang jika peluang bisnis baju anak online Anda abaikan, karena peluangnya sangat besar. Bukan berarti berjualan di toko biasa atau lapak Anda tinggalkan. Anda bisa menjalankan keduanya, banyak yang melakukan seperti itu.

Memang Anda memerlukan ilmu pemasaran online untuk mengambil peluang bisnis baju anak di internet. Tentu saja, tetapi semua itu bisa Anda pelajari jika Anda kemauan. Kuncinya adalah ketekunan belajar dan ketekunan dalam praktek.

Adakah Peluang Bisnis Baju Anak Tanpa Modal?

Jika Anda maksud tanpa modal uang yang besar, tentu saja ada. Namun bukan berarti tanpa modal sama sekali. Anda masih membutuhkan setidaknya untuk ongkos, beli bending, pulsa, dan koneksi internet.

Bekerja Sama Dengan Orang Yang Percaya Kepada Anda

Caranya adalah Anda bekerja sama dengan produsen bagaimana caranya agar Anda bisa menjual baju mereka tanpa harus membeli produk terlebih dahulu. Memang tidak semua orang mau seperti itu, tetapi ada saja yang mau, yaitu mereka yang percaya kepada Anda.

Anda perlu mencari, mungkin ada diantara teman Anda yang punya produk atau produsen produk. Cari saja, komunikasi, dan silaturahim terus-menerus memungkin Anda akan bertemu dengan calon mitra. Anda tidak bisa mendapatkanya hanya dengan diam saja.

Menjual Foto

Cara lain adalah dengan menjual foto. Gunakan handphone Anda untuk mengambil foto dan menyimpan photo. Anda bisa menjual kepada orang lain dengan memperlihat photo yang ada di HP Anda.

Dulu mungkin sampai sekarang dikenal dengan istilah menjual dengan katalog. Jika ada produsen yang menyediakan katalog, itu bagus, bisa Anda gunakan. Jika tidak Anda bisa membuat katalog digital di HP Anda.

Caranya siapkan folder khusus di HP Anda. Kemudian minta ijin kepada pemilik produk untuk mengambil gambarnya, simpan di folder tersebut. Akan lebih bagus jika diorganisasikan berdasarkan model.

Menjual dengan Sistem Dropship

Menjual dengan sistem dropship pada dasarnya sama dengan menjual foto. Biasanya dilakukan secara online. bedanya dengan sistem dropship ada kesepakan bahwa yang mengirim produk adalah supplier atas nama Anda.

Apakah semua supplier mau menerapkan dropship? Tidak semua mau, tetapi banyak yang mau. Jika Anda tekun mencarinya, Anda akan mendapatkan.

Contoh saja: cari di Google dengan kata kunci: dropship + baju anak

Intinya adalah dengan menjual produk orang lain akan menjadikan Anda bisa menjalankan bisnis ini meski pun dengan modal yang kecil.

BACA JUGA: Menjual Produk Orang Lain Secara Online

Peluang Produksi Baju Anak

Apakah peluang bisnis baju anak dengan produksi sendiri lebih menjanjikan? Tentu saja, jika Anda memiliki modal yang cukup, memproduksi baju anak bisa menjadi peluang yang bagus. Alasannya:

  • tentu Anda bisa memiliki produk dengan harga terendah, sehingga Anda bisa mendapatkan untung yang lebih besar
  • karena harga produk yang rendah, Anda juga bisa menjual produk secara grosir untuk dijual kepada para reseller
  • Anda juga bisa menawarkan peluang kerja sama dengan sistem dropship kepada mereka yang kekurangan modal
  • Anda bisa menghasilkan produk-produk unik yang belum ada di pasaran
  • Anda bisa menghasilkan produk dengan kualitas jauh lebih baik dibandingkan dengan yang ada di pasaran

Tapi resikonya besar? Bagaimana jika tidak laku?

Ya, namanya bisnis akan selalu ada resiko. Semakin besar peluangnya akan sebanding dengan resiko. Jika Anda tidak mau mengambil resiko, mungkin Anda tidak cocok mengambil profesi bisnis. Jika mau bisnis, belajarlah untuk mengambil resiko.

Memang ada cara dan strategi untuk mengurangi resiko, tetapi bukan berarti resiko bakal dihilangkan 100%. Resiko akan selalu ada, bedanya jika Anda dibekali ilmu, resikonya lebih minimal.

Cara Memulai Bisnis Baju Anak

Berikut adalah beberapa saran jika Anda akan memulai bisnis baju anak.

Mulailah Menjadi Reseller atau Dropship Baju Anak

Terlepas apakah Anda memiliki cukup modal untuk produksi sendiri atau tidak, tetapi kami sarankan untuk memulai dari reseller atau dropship baju anak. Kenapa? Ini adalah cara belajar bisnis tercepat. Anda bisa belajar dan mengenal bisnis ini tanpa biaya yang besar.

Dengan menjadi reseller Anda akan mulai mengerti dan dipaksa mengerti tentang seluk beluk bisnis ini. Anda mulai mengenal berbagai jenis baju, mulai mengenal bahan, mengetahui kisaran harga, dan yang terpenting menjadi cara terbaik dalam meriset pasar.

Dengan terjun langsung menjadi reseller, Anda bisa memahami kemauan pasar seperti apa. Sehingga saat Anda membuka nanti, sudah mengetahui poduk apa yang peluang laku dipasaran.

Sebagai contoh salah seorang pendiri Ezzeti memulai bisnis ini dengan menjadi reseller. Sekarang sudah memproduksi sendir puluhan ribu baju bahkan mungkin sudah ratusan ribu setiap bulannya.

Entah disadari atau tidak, memulai dengan menjadi reseller menjadikannya memahami bisnis kaos anak.

Bagi yang belum punya modal, menjadi reseller atau menjadi dropship juga sebagai cara untuk mengumpulkan modal sambil belajar. Tabungkan sebagian keuntungan untuk nantinya Anda gunakan sebagai modal memproduksi baju anak sendiri.

Produksi Secara Makloon

Untuk memiliki konveksi sendiri membutuhkan modal yang cukup besar. Jadi Anda bisa memulai bisnis baju anak dengan mengoutsource pembuatan ke konveksi yang sudah ada, istilahnya makloon. Anda hanya butuh modal untuk biaya produksinya saja, bahan dan ongkos produksi.

Anda tidak perlu memikirkan bangunan, mesin, dan gaji karyawan. Anda hanya bayar jika Anda membuat baju saja. Untuk awal ini sangat membantu daripada pusing dengan mendirikan pabrik sendiri.

Kecuali Anda sudah punya pengalaman dan sumber daya yang cukup untuk memiliki konveksi sendiri, itu pilihan Anda. Silahkan saja, itu bagus karena Anda bisa memproduksi dengan biaya yang lebih mudar dibandingkan makloon.

Kiat Sukses Bisnis Baju Anak

Kiat sukses bisnis, baik pakaian anak maupun pada umumnya, kuncinya adalah inovasi dan pemasaran. Inovasi adalah membuat hal-hal baru yang disukai oleh pasar. Dan yang kedua tentu saja dengan pemasaran yang baik, bisnis Anda akan berhasil. Buat apa memiliki produk yang bagus, tetapi tidak laku?

Strategi Pemasaran Baju Anak Yang Jitu

Tips sukses baju anak yang penting adalah strategi pemasaran yang jitu. Seperti apa sich strategi pemasaran itu? Saya akan gambarkan garis besarnya:

  1. Segmentasi, artinya memetakan pasar dengan berbagai kriteria seperti umur, jenis kelamin, agama, wilayah, tingkat ekonomi, gaya hidup, perilaku, dan sebagainya. Anda bisa memilih kriteria pemetaan sesuai dengan minat Anda.
  2. Targeting: Pilih salah satu segmen pasar yang sudah Anda tetapkan. Disini Anda sudah memiliki profil traget pasar (ciri-ciri orang yang menjadi target Anda).
  3. Positioning: menempatkan produk Anda sesuai dengan ciri-ciri target pasar Anda. Anda harus memposisikan bahwa produk Anda yang terbaik dimata target pasar Anda. Positioning adalah inti dari strategi.

Jika strategi pemasaran Anda sudah cukup baik, maka otomatis pasar akan menjadi Anda menjadi pilihan utama mereka. Strategi adalah bagaimana menempatkan diri atau produk Anda dibenak para konsumen.

Strategi juga bisa berkaitan dengan tempat secara fisik. Cara memilih tempat dimana Anda menyewa toko atau lapak juga bagian dari strategi.

Jadi strategi itu melingkupi 2 tempat: tempat di benak pasar dan tempat fisik (lokasi). Keduanya sangat menentukan keberhasilan bisnis pakaian anak.

Lebih lengkap tentang positioning, Anda bisa membacanya disini.

Cara Pemasaran Baju Anak

Setelah strategi yang jitu, barulah kita memikirkan cara atau teknik atau taktik pemasarannya. Jangan salah, kebanyakan orang langsung ke teknik tanpa memikirkan strategi. Padalah teknik maupun taktik akan lebih mudah dijalankan jika strategi sudah kita susun, maka kita bisa susun rencana taktik pemasaran.

Berdasarkan strategi yang sudah Anda susun, sekarang siapkan:

Diferensiasi: apa yang membedakan produk Anda dibandingkan produk orang lain?

Pasar harus jelas melihat perbedaan ini sehingga menjadi alasan mereka membeli produk Anda, bukan produk orang lain.

Perbedaan bisa di dua sisi:

  • Konten: di produknya, berkaitan kualitas, fitur, dan manfaat
  • Konteks: cara penyampaian, kemasan, dan cara pelayanan

Perbedaan inilah yang akan Anda kampanyekan melalui semua media promosi Anda.

Media promosi itu bisa berupa:

  1. Spanduk
  2. Brosur
  3. Poster
  4. Katalog
  5. Toko online
  6. Blog post
  7. Iklan facebook
  8. Email
  9. BC BBM/WA
  10. dan sebagainya

Terlepas apa pun media promosi yang Anda gunakan, inti pesannya akan sama disesuaikan dengan strategi yang sudah Anda susun.

Keberhasilan pemasaran Anda bukan ditentukan oleh medianya apa, tetapi apa yang ada dalam media itu (kontennya).

Tips Sukses Usaha Pakaian Anak

Kita sudah membahas tentang inovasi dan pemasaran. Jangan dilupakan bahwa ini adalah bisnis, sehingga Anda harus memperlakukannya sebagai bisnis. Dalam bisnis ada sistem, ada manajemen, dan ada leader. Kepemimpinan adalah salah satu faktor penting keberhasilan sebuah bisnis, apa pun bisnisnya.

Salah satu tips lainnya adalah dengan memperbanyak agen, distributor dan reseller produk Anda. Menjual sendiri bisa-bisa saja, tetapi jika ingin lebih cepat, bangun pasukan yang menjualkan produk Anda.

Penutup

Semoga uraian diatas bisa memberikan gambaran yang cukup, setidaknya garis besarnya dalam menjalankan bisnis baju anak. Tentu masih ada yang perlu Anda pelajari berkaitan dengan detilnya, namun Anda sudah bisa membayangkan, seperti apa sich usaha pakaian anak ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *