Panduan Lengkap Bisnis Online Untuk Pemula

Salah Satu Pilihan Bisnis di Rumah

panduan lengkap bisnis onlineMengapa Saya Menulis Panduan Ini?

Pertama memberikan gambaran bisnis online yang benar. Salah satu pilihan bisnis di rumah adalah bisnis online atau bisnis internet. Sayangnya masih banyak orang yang belum benar-benar paham bisnis online, kemudia dia mencoba bisnis online. Karena kurang faham, banyak yang terjebak bahwa bisnis online itu seperti money game. Mungkin, karena dia pertama kali mengenal cara mencari uang adalah dengan money game.

Jelas money game bukan bisnis sama sekali. Itu hanya penipuan, Anda diperalat segelintir orang untuk keuntungan pribadi mereka. Money game cirinya adalah setor menyetor uang. Anda menyetor uang dengan harapan akan mendapat setoran dari downline dibawah ada. Namanya macam-macam, ada yang mengatakan arisan, tabungan, dana bersama, bahkan dengan embel-embel syariah.

Latar belakang kedua adalah karena banyaknya orang yang mempromosikan bisnisnya di internet dengan cara yang salah sehingga tidak menghasilkan dan dia kemudian mengambil kesimpulan bahwa bisnis internet tidak menghasilkan. Padahal, jika dijalankan dengan baik, bisnis online bisa menjadi alternatif yang menjanjikan.

Dan yang ketiga adalah meluruskan mitos bahwa bisnis online adalah bisnis yang sangat mudah, serba gratis, dan cepat kaya. Saya akan tunjukan, bahwa bisnis internet atau bisnis online sama dengan bisnis biasa, hanya saja ditambah dengan media online.

Pilihan Bisnis Online Itu Buanyak

Saya tidak akan menyebutkan semua bisnis online, karena sangat banyak. Saya akan jelaskan beberapa contoh saja yang umum dijalankan, apalagi oleh seorang pemula yang baru saja masuk ke dunia bisnis online.

Pada dasarnya, yang namanya bisnis adalah menjual. Bisnis online adalah bisnis menjual produk atau jasa melalui media online. Sederhana. Tidak sulit. Sama saja dengan bisnis biasa yang pada dasarnya adalah menjual.

Apa saja yang bisa dijual? Apa saja, apa yang bisa Anda jual di darat, pada dasarnya bisa dijual secara online. Pertanyaan hanya satu, akan laku atau tidak. Memang ada produk atau jasa yang kurang bagus dijual online. Namun, kalau pun begitu tetap pemasaran online bisa membantu memasarkan produk yang hanya bisa dijual secara langsung tatap muka.

  1. Menjual produk fisik. Dikenal dengan bisnis toko online. Artinya Anda memiliki sebuah toko seperti Jual Obat Herbal atau Raja Jaket. Anda bisa lihat, bahwa website tersebut menjual produk fisik seperti herbal dan jaket. Tidak selamanya harus dalam bentuk toko online, bisa juga menggunakan blog biasa seperti saya jual acai berry dan jual cream gamat. Dan masih banyak contoh lainnya.
  2. Menjual produk digital. Apa saja produk digital? Ada ebook, video, audio, dan software. Contohnya adalah Zona Sukses yang menjual produk-produk ebook, video, dan audio. Contoh yang menjual software seperti FB Group Domination. Contoh lain menjual aplikasi untuk smartphone.
  3. Menjual jasa. Jasa juga bisa banyak pilihan. Contohnya GlobalPro Bisnis yang menjual jasa memasaran internet. Bisa juga jasa seperti membuat sepatu (bukan menjual sepatu, tetapi jasa membuat sepatu) atau jasa membuat jaket.
  4. Jasa pemasaran. Ini juga menarik, jika Anda melihat website ini, Anda banyak melihat iklan. Tentu saja, saya dibayar dengan menampilkan iklan-iklan itu. Disini saya menjual jasa “menyewakan” space di website saya. Saya bisa menjual ruang di website ke Google (yang disebut Google adsense) atau langsung ke perorangan. Termasuk bisnis afiliasi dimana saya menjualkan produk orang lain di website ini.
  5. MLM Online. Banyak MLM yang benar-benar bisnis, bukan money game. Atau apa pun namanya dengan skema berjenjang selama secara legal sudah dibolehkan. Saya tentu saja memilih yang dijamin kehalalannya. Contohnya adalah menjalankan bisnis HPAI secara online.

Apa yang disebutkan diatas adalah 5 kategori bisnis online (sebenarnya banyak sekali). Apalagi jika dikembangkan dibahas satu persatu, akan sangat panjang. Untuk saat ini saya berikan sebagai wawasan saja agar Anda memahami gambaran besar bisnis online. Pada posting-posting mendatang, insya Allah akan banyak bisnis online yang dibahas juga bisnis offline.

Pemasaran Online

Punya website itu bukan pemasaran internet. Pasang iklan itu bukan pemasaran internet. Berjualan di forum juga bukan. Apalagi pasang iklan baris. Pemasaran itu lebih kepada sebuah konsep bisnis Anda. Sementara website, toko online, twitter, facebook, dan sejenisnya hanyalah sebuah tool yang harus Anda operasikan dengan konsep pemasaran tertentu.

Konsep pemasaran Anda meliputi 9 elemen penting (menurut pakar pemasaran Hermawan Kertajaya) yang bisa dilihat melalui diagram berikut:

elemen pemasaran

Apakah 9 elemen pemasaran itu semuanya harus ada? Tidak, sesuai keperluan saja. Kemudian, gunakan tools pemasaran online untuk menerapkan 9 elemen pemasaran ini. Misalnya, jika Anda menggunakan blog marketing, maka gunakan blog Anda untuk membangun branding, untuk menjual, untuk differentiation, dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara menyusun konsep pemasaran bisnis Anda? Ada 2 hal yang akan menjadi pertimbangan untuk menyusun konsep pemasaran Anda:

Pertama model bisnis Anda. Bagaimana menyusun konsep pemasaran akan ditentukan oleh model bisnis Anda. Beda model bisa beda konsep pemasarannya. Apa itu model bisnis?

The plan implemented by a company to generate revenue and make a profit from operations. The model includes the components and functions of the business, as well as the revenues it generates and the expenses it incurs.

Model bisnis intinya adalah rencana yang dilakukan oleh perusahaan untuk menghasilkan keuntungan.

Kedua adalah persaingan bisnis. Konsep pemasaran seperti dijelaskan diatas adalah untuk memenangkan market share, mind share, dan heart share. Dan itu semua harus memperhatikan persaingan bisnis Anda. Paling mudah jika bisnis tanpa saingan, namun sulit dijaga, sebab orang bisa ngikut bisnis Anda dan akhirnya banyak saingan.

Jadi susunlah konsep pemasaran Anda, dengan menggunakan online tools, sesuai dengan model bisnis Anda dan persaingan bisnis Anda.

Ada pun SEO, Email Marketing, Social Media Marketing, Media Buying, dan sebagainya adalah sebagai tool untuk menerapkan konsep pemasaran Anda. Salah satu keunggulan Online Tool seperti social media dan email marketing, bisa digunakan untuk mengumpulkan audiens bisnis Anda dengan biaya yang relatif lebih murah.

SEO (search engine optimization)

Dalam dunia pemasaran internet, SEO sangat memegang peranan penting. Sebab 90% pengguna internet menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi, termasuk informasi produk dan jasa. Nah, SEO adalah bagaimana mengoptimasi website Anda agar mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Sebenarnya mesin pencari itu banyak, tapi 3 mesin ini yang paling dominan, terutama Google.

Lihat di alexa, Google menjadi website paling banyak di kunjungi di dunia. SEO adalah teknik pemasaran yang sangat penting dan bisa digunakan untuk branding, selling, dan differentiation termasuk menjalin relasi dengan pelanggan.

Pembahasan mendetail tentang SEO tentu saja akan sangat panjang, tidak mungkin dibahas dalam satu posting. Pada intinya adalah bagaimana mengatur konten website kita agar mudah ditemukan di mesin pencari. Kemudian bagaimana agar website kita menjadi website terbaik sehingga dimuncul paling atas oleh Google atau mesin pencari lainnya.

Anda bisa belajar tentang SEO lebih jauh, merekrut karyawan ahli SEO, mengirim karyawan ke pelatihan SEO, atau outsourcing. Silahkan pilih.

Social Media Marketing

Social media marketing juga adalah salah satu teknik yang sangat penting saat ini, sebab sekarang jamannya social. Siapa yang tidak punya facebook? Ya, memiliki akun social media adalah sudah menjadi tren. Artinya hal ini bisa kita manfaatkan untuk memasarkan bisnis kita.

Social media meliputi facebook, twitter, pinterest, instagram, dan masih banyak lainnya. Sekarang sudah banyak ahli pemasaran yang mendalam social media marketing.

Email Marketing

Email marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang tua di dunia pemasaran internet. Namun masih cukup efektif hingga saat ini, meski pun banyak yang mengatakan tidak seefektif dulu. Mungkin karena sekarang sudah jamannya social media. Namun sayang jika ditinggalkan.

Mobile Marketing

Salah satu teknik yang baru saat ini adalah mobil marketing. Saat ini sudah sangat banyak orang membuka internet dengan perangkat mobile seperti BB, iPhone, dan smartphone lainnya. Saat ini, mobile marketing harus sudah menjadi bagian dari konsep marketing.

Media Buying

Sama halnya di dunia offline, media buying juga ada di internet. Anda bisa mempromosikan produk atau jasa Anda dengan membeli iklan di berbagai website terkenal. Contohnya yang paling populer tempat membeli iklan adalah detik.com

Namun ada juga membeli iklan dengan sistem pembayaran berdasarkan hasil. Ada yang membayar berdasarkan jumlah klik, jumlah tampilan, atau jumlah tindakan tertentu. Dalam dunia internet marketing dikenal dengan CPC (cost per click), CPM (cost per mile), dan CPA (cost per action).

 

Tugas Anda adalah bagaimana menggunakan tool atau teknik pemasaran online untuk menerapkan konsep pemasaran Anda.

Manajemen Bisnis Online

Untuk manajemen, pada dasarnya sama dengan bisnis pada umumnya. Anda tetap harus membuat sistem manajemen untuk menjalankan bisnis Anda. Termasuk sistem kualitas, sistem pemasaran, sistem penyimpanan, sistem produksi dan sebagainya sesuai dengan keperluan bisnis Anda.

Jangan salah sangka, bahwa bisnis internet bukan bisnis yang bisa dilakukan sendiri segalanya. Kecuali bisnis Anda masih kecil. Jika bisnis Anda sudah besar, tentu membutuhkan karyawan dan ada manajemen untuk mengaturnya.

Kemudian, jika sudah ada keryawan, peran leadership pun menjadi sangat penting.

Mulai Sendiri Mulai Dari Kecil

Tentu saja, memiliki karyawan dan kantor bukanlah sebuah kewajiban. Tapi itu adalah pilihan. Anda pun bisa memulai bisnis online sendirian dan mulai dari kecil. Tidak salah bahkan dianjurkan, tetapi jangan berpikir untuk selalu kecil dan selalu sendirian. Awal-awal boleh, tapi bersiaplah untuk membesarkan bisnis Anda.

Saat Anda belum bisa memiliki karyawan, Anda bisa memanfaatkan pihak ketiga untuk outsourcing. Artinya beberapa pekerjaan Anda yang sulit dan membutuhkan waktu banyak bisa dilakukan oleh orang lain. Tentu saja Anda harus membayarnya. Itu tidak masalah selama investasi Anda kembali dengan jumlah yang lebih besar.

Pada intinya adalah mulailah sesuai dengan kemampuan Anda, tetapi tetap berpikir besar, jangan berpikir kecil saja.

Kekuatan Back Office Menentukan Keberhasilan Anda

kekuatan back office juga sangat penting. Membuat website saja tidak cukup. Harus ada usaha mendatangkan kunjungan. Website yang ramai juga percuma tanpa customer service yang baik. Meski pun pembeli banyak, percuma juga jika Anda tidak bisa delivery sesuai keinginan pelanggan. Artinya back office Anda harus kuat harus di kelola (dimenej) dengan baik.

Manajemen bisnis online juga penting!

Kesimpulan

Bagi Anda yang masih pemula, jika Anda ingin terjun ke dunia bisnis online, maka fahami dulu apa itu bisnis online dan apa saja model bisnis online yang bisa kita pilih. Kemudian, tentukan pilihan bisnis online yang benar sesuai dengan minat Anda. Fahami konsep pemasaran, internet hanya tool, bukan segalanya. Tool jika tidak digunakan dengan benar tidak akan memberikan hasil. Kemudian agar bisnis Anda menguntungkan dan berkembang, terapkan manajeman yang baik.

Mudah-mudahan panduan lengkap bisnis online untuk pemula ini memberikan manfaat bagi Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *