Tiga Pilar Sukses Memulai Bisnis di Rumah

Memulai Bisnis Di Rumah Bisa Menyulitkan

Memulai Bisnis di RumahSaya tidak akan mengatakan bahwa memulai bisnis di rumah itu mudah, sebab buktinya banyak orang yang mencobanya namun gagal. Tapi bukan berarti tidak mungkin, jika tahu caranya, semua akan terasa mudah.

Bagi Anda yang akan memulai bisnis di rumah atau sudah memulai bisnis di rumah namun tidak juga kunjung menghasilkan, mungkin Anda melupakan 3 pilar penting agar sukses memulai bisnis di rumah.

Ada banyak strategi memulai bisnis di rumah atau bisnis pada umumnya. Tidak semua strategi itu akan cocok, apalagi untuk bisnis di rumah karena banyak hal yang harus kita perhatikan, salah satunya adalah waktu, sebab banyak yang memulai bisnis di rumah sambil tetap bekerja atau melakukan aktivitas lainnya seperti dakwah.

Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan tiga pilar sukses ini untuk memudahkan kita menjalankan bisnis di rumah tanpa mengganggu aktivitas lainnya. Konsep 3 pilar ini pun sangat cocok bagi Anda yang merencanakan akan berhenti kerja atau pensiun, agar saat Anda lepas dari bekerja, Anda sudah memiliki bisnis di rumah yang menghasilkan.

Inilah Tiga Pilar Sukses Memulai Bisnis di Rumah

Pilar #1 Memulai Bisnis di Rumah: Biaya Memulai Sesuai Kemampuan

Memulai bisnis di rumah saya sarankan dengan biaya yang sesuai dengan kemampuan Anda. Bukan berarti harus bermodal kecil, jika Anda punya banyak uang, Anda boleh memulainya dengan modal besar. Intinya adalah sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Bukankah kita bisa mencari modal jika tidak punya? Ya tentu saja, Anda bisa mencari modal. Silahkan. Namun untuk memulai bisnis di rumah, saya sarankan dimulai dengan kemampuan sendiri. Jika Anda ingin membesarkan bisnis Anda, bisa sambil jalan.

Ada 3 keuntungan memulai bisnis di rumah dengan modal sesuai kemampuan:

  1. Menjaga momentum. Jika Anda kelamaan mencari modal, maka momentum bisa hilang sehingga ada kemungkinan bisnis Anda tidak jadi.
  2. Anda tidak disibukan dengan urusan pinjam meminjam dan kerjasama modal, sehingga Anda fokus untuk memulai bisnis.
  3. Mendaya ungkit kekuatan memulai. Meski masih banyak kekurangan, jika Anda sudah memulai, Anda akan dipacu untuk menyempurnakan bisnis Anda.

Apa modal yang Anda miliki saat ini? Jangan terfokus pada uang. Uang akan sangat membantu, tetapi coba Anda lihat aset-aset yang Anda miliki yang bisa digunakan untuk memulai bisnis di rumah Anda.

  1. Komputer. Apakah Anda punya komputer/laptop/tablet? Jika punya, maka ini akan menjadi modal penting bisnis Anda. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan komputer. Anda bisa menggunakan komputer untuk urusan administrasi, untuk keuangan, dan untuk pemasaran (kemasan, brosur, dan periklanan).
  2. Internet. Akses internet menjadi modal penting saat ini karena Anda bisa memanfaatkannya untuk pemasaran.
  3. Ada ruangan yang kosong? Bisa dijadikan kantor Anda.
  4. Alat komunikasi. Alat komunikasi juga menjadi modal penting, Anda bisa mencari pelanggan dengan menggunakan alat komunikasi Anda.
  5. Kendaraan. Gunakan kendaraan yang Anda miliki baik sepeda motor atau mobil, bisa menjadi aset yang berharga untuk bisnis Anda.
  6. Dan masih banyak yang lainnya.

Cobalah data, aset-aset yang Anda miliki, bagaimana memanfaatkannya untuk membantu Anda memulai bisnis di rumah. Anda bisa lihat, bahwa modal Anda ternyata banyak.

Pilar #2 Memulai Bisnis di Rumah: Mudah Dimulai, Dioperasikan, dan Dipelihara

Pilar kedua untuk memulai bisnis di rumah adalah kemudahan. Sekali lagi, rata-rata yang memulai bisnis di rumah karena dia membutuhkan penghasilan sampingan dari pekerjaan utamanya. Atau bisa juga ibu rumah tangga yang dilakukan sambil mengurus dan mendidikan anak. Untuk itu kemudahan menjadi ukuran penting saat Anda memilih ide bisnis di rumah.

Sebagai contoh, jika bisa Anda mengoperasikan bisnis di rumah tanpa banyak keluar rumah. Tanpa banyak melakukan pekerjaan sulit dan lama. Artinya Anda bisa memilih ide produk dan jasa yang mudah membuatnya dan mudah mengirimnya.

Tentu saja, suatu saat bisnis Anda akan berkembang, menjadi lebih komplek dan tidak mudah lagi. Tapi itu nanti, kita sedang bicara memulai.

Pilar #3 Memulai Bisnis di Rumah: Memberikan ROI Secepat Mungkin

Ada bisnis yang lama menghasilkan ada juga yang cepat. Maka untuk memulai bisnis di rumah, saya sarankan pilih yang cepat menghasilkan meski tidak terlalu besar. Semakin cepat menghasilkan, artinya ROI bisa Anda dapatkan secepat mungkin maka akan memberikan beberapa peluang:

  1. Lebih cepat untuk mengelola secara full time. Mungkin Anda sudah mulai bisa memikirkan untuk resign atau sudah siap pensiun.
  2. Lebih cepat mengembangkan bisnis Anda. Anda bisa mulai menginvestasikan kembali keuntungan untuk bisnis yang lebih besar.
  3. Anda bisa memperbesar bisnis Anda dengan jalan mulai merekrut karyawan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.
  4. Anda lebih cepat menikmati hasilnya agar lebih semangat lagi. Tapi ingat, sisihkan untuk pengembangan bisnis, jangan dinikmati semua.
  5. Cash Flow adalah salah satu tantangan terbesar saat memulai bisnis. Banyak bisnis bangkrut karena cash flow tidak baik. Jika bisnis Anda cepat menghasilkan, maka cash flow akan berjalan lebih baik.

Jangan lupa untuk membaca Empat Langkah Penting Dalam Membangun Bisnis Sukses. Mudah-mudahan tip-tip ini bisa membantu Anda yang akan memulai bisnis di rumah.

One Response to “Tiga Pilar Sukses Memulai Bisnis di Rumah”

  1. Yayan says:

    Makasih Pak Rahmat. Alhamdulilah saya sudah bisa menghasilkan tambahan hanya bekerja di Rumah. Walaupun bukan memproduksi produk sendiri. Masih memanfaatkan blog untuk jalankan mengembangkan usaha terbaik saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *