Membuat Rencana Bisnis Sederhana – Cukup 1 Halaman

Membuat Rencana Bisnis Sederhana itu penting, supaya jelas arah dan tujuan.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu menyusun rencana bisnis puluhan halaman.

Cukup 1 halaman dan Anda bisa menjadikannya sebagai acuan menjalankan bisnis.

Juga bisa dishare dengan mitra bisnis Anda.

Bagaimana caranya?

Mengapa Harus Membuat Rencana Bisnis Sederhana?

Membuat Rencana Bisnis Sederhana

Rencana bisnis itu penting. Tindakan tidak akan ada jika Anda tidak punya rencana mau apa dan mau kemana. Tapi terlalu lama dalam membuat rencana juga bahaya, sebab Anda bisa menghabiskan waktu membuat rencana.

Jadi, rencana itu harus ada tetapi tidak boleh menghabiskan waktu hanya untuk membuat rencana. Untuk itulah, saya menyarankan membuat rencana 1 halaman (mungkin 2 halaman) yang mudah dibuat dan Anda bisa segera bertindak.

Metode ini saya pelajari dari sebuah buku The $100 Startup. Manfaatnya untuk menekan waktu dan biaya sehingga Anda bisa segera memulai bisnis. Rencana bisnis ini memuat hal-hal yang esensial bagaimana nanti Anda akan menjalankan bisnis.

Apakah rencana bisnis ini bisa diajukan ke Bank? Jawabannya tidak. Bank sudah punya standard dalam membuat proposal dimana Anda bisa bertanya ke mereka. Namun saran saya, tidak usah dulu mikirin bank, kita mulai saja dengan seadanya, dimulai dari apa yang Anda bisa.

Tujuan rencana bisnis 1 halaman ini untuk memberikan arah yang jelas bagi Anda untuk segera memulai. Jika arah yang jelas, maka langkah dan tindakan Anda akan selalu mendekatkan Anda kepada keberhasilan.

Pernyataan Misi Sederhana

Sebaiknya, sebelum menyusun rencana bisnis, kita membuat pernyataan misi dulu. Bisnis Anda ada misinya bukan? Bukan sekedar mendapatkan uang, tetapi bagaimana kita bisa membantu banyak orang.

Tenang, membuat misi itu sederhana, tidak ribet bahkan jika perlu bisa dikirim via SMS atau kicauan di Twitter alias 140 karakter. Lebih panjang dikit tidak apa-apa.

Rumus membuat misi:

Kami membantu [pelanggan] melakukan/mencapai/(kata kerja lainnya) [manfaat utama]

Agar Anda bisa membuat misi, hanya 2 variable yang dibutuhkan, yaitu siapa pelanggan Anda dan apa manfaat utama produk Anda.

Yuk kita buat contohnya untuk produk kartu undangan eksklusif

  • Pelanggan: pasangan pengantin
  • Manfaat utama: merasa istimewa

Maka pernyataan misi yang bisa kita buat:

Kami membantu pasangan pengantin merasa istimewa dengan kartu undangan eksklusif.

Coba perhatikan, rasanya lebih berbobot dan menginspirasi dibanding kita hanya menyebut diri sebagai jasa membuat kartu undangan.

Contoh lain, pernyataan misi fotografer

  • Pelanggan: artis, politikus, profesional, pejabat (kita sebut saja “orang penting”)
  • Manfaat utama: menampilkan sisi terbaiknya dalam sebuah foto

Maka pernyataan misi yang bisa kita buat:

Kami membantu orang penting menampilkan sisi terbaiknya dalam sebuah foto.

Lebih kerenkan dibandingkan menyebut diri sebagai fotografer atau juru foto?

Cara Menyusun Rencana Bisnis Sederhana

Cara menyusunnya sederhana. Anda cukup menjawab beberapa pertanyaan yang sangat esensi dalam menjalankan bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab. Jika Anda sudah bisa menjawab semua pertanyaan berikut ini, artinya bisnis Anda sudah siap jalan.

Gambaran Umum

  • Apa yang akan Anda jual?
  • Siapa yang akan membelinya?
  • Bagaimana ide bisnis Anda membantu orang?

Cring-cring

  • Berapa harga yang Anda minta?
  • Bagaimana metode pembayarannya?
  • Bagaimana lagi Anda akan mendapat uang dari bisnis ini?

Hustling (Promosi)

  • Bagaimana pelanggan mengetahui bisnis Anda?
  • Bagaimana Anda mendorong rekomendasi (referal)?

Sukses

Bisnis ini bisa dikatakan sukses jika mencapai metrik berikut:

  • Jumlah pelanggan: …. atau
  • Penghasilan bersih tahunan: … atau
  • metrik lainnya

Rintangan/Tantangan/Pertanyaan Terbuka

Apa rintangan, tantangan, atau pertanyaan yang ada? Dan bagaimana rencana Anda mengatasinya?

Untuk bagian ini, mungkin Anda memiliki beberapa rintangan, tantangan, atau pertanyaan, silahkan saja tuliskan semuanya (tidak apa-apa menjadi lebih 1 halaman juga).

Kemudian Anda tulis jawabannya menggunakan MS Word. Salah satu contoh format yang diberikan oleh website 100startup.com bisa didownload disini.

Bisnis Yang Cocok Dengan Model Rencana Ini

Sekali lagi, ini adalah model rencana bisnis yang sederhana dengan tujuan agar Anda bisa segera bertindak dengan arah yang jelas.

Sebenarnya untuk semua bisnis bisa diterapkan. Tentu untuk bisnis besar akan membutuhkan rencana yang lebih kompleks. Rencana bisnis yang simple ini sangat cocok untuk bisnis skala mikro atau bisnis rumahan, dimana tujuannya Anda mendapatkan penghasilan dengan segera.

Bagi Anda yang punya rencana memulai usaha di rumah agar segera mendapatkan penghasilan, maka Anda bisa segera memulai membuat rencana 1 halaman ini.

Rencana 1 halaman inilah yang disebut dengan ide bisnis. Pada prakteknya mungkin tidak akan langsung jadi. Ini ide bisnis, mungkin sedikit perlu merenung untuk memikirkannya. Tidak apa-apa Anda menambah waktu untuk memikirkan ide bisnis. Yang penting jangan kelamaan.

Tidak apa-apa Anda memulai ide bisnis sederhana kemudian gagal daripada tidak pernah gagal karena tidak pernah memulai. Tapi tidak apa-apa memberikan waktu yang cukup untuk memikirkannya.

Jika Anda sudah memulai bisnis tapi bingung mau melakukan apa lagi, cobalah buat dulu rencana bisnis Anda dengan metode ini.

Penutup

Yang dibahas disini adalah salah satu model rencana bisis yang sangat sederhana dan mudah. Sangat cocok untuk digunakan sebagai arah bisnis di rumah Anda. Mudah-mudahan, Anda bisa segera Membuat Rencana Bisnis Sederhana dan segera memulai menjalankan bisnis Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *