Ide-ide Bisnis Online – Bukan Hanya MLM, Afiliasi, dan Setor Menyetor Uang

Ide-ide Bisnis Online Banyak Sekali, Artinya Peluangnya Besar

Ide-ide Bisnis OnlineAnda jangan terjebak oleh pemikiran Anda sendiri, sebab ide-ide bisnis online itu banyak sekali. Mungkin ada orang yang pertama kali masuk ke dunia bisnis online, langsung menekuni MLM yang dijalankan secara online. Maka dia berpikir bahwa bisnis online itu adalah MLM online.

Bagi Anda yang sudah lama terjun ke bisnis online, mungkin aneh ada orang yang seperti ini. Pada kenyataannya masih banyak orang yang beranggapan seperti ini. Misalnya ada orang yang sudah membeli ebook kepada saya, setelah transfer dia SMS yang bunyinya: “Saya sudah transfer, bagaimana saya mendapatkan uang?”

Padahal ebook yang saya jual bukan ebook tentang mendapatkan uang. Mungkin dia pernah ikutan “bisnis” yang dia nyetor uang dan berharap ada yang nyetor lagi kepada dia.

Artikel ini ingin membuka pikiran Anda, bahwa peluang dari internet itu sangat banyak, MLM dan afiliasi hanyalah sebagian kecil dari peluang yang ada. Tentu saja bagi Anda yang baru terjun ke dunia bisnis internet atau sedang mencari tahu tentang dunia bisnis online. Bagi Anda para master, lupakan saja artikel ini, bukan untuk Anda.

Ide-ide Bisnis Online Yang Bertumpu Pada Menjual

Sebagian besar ide-ide bisnis online bertumpu pada menjual sesuatu yang menggunakan internet sebagai medianya. Jika kita berbicara menjual, artinya banyak hal yang bisa kita jual. Ini artinya peluang bisnis internet itu sangat besar, sebesar jumlah yang bisa dijual.

Apa saja yang bisa dijual di internet? Sama dengan bisnis offline, banyak sekali yang bisa dijual. Internet adalah alat, sama dengan toko atau gerobak bakso yang sama-sama digunakan untuk menjual. Disini kita tidak bicara apa yang bisa dijual atau apa yang tidak, hanya saja kecocokan produk apa yang dijual berdasarkan media atau alatnya.

Ide-ide Bisnis Online Yang Menjual Produk

Anda bisa memulai bisnis internet atau bisnis online dengan menjual produk. Produk yang bisa dijual banyak sekali. Silahkan Anda bisa menjual produk apa saja selama cocok dijual di internet. Berikut adalah klasifikasi produk yang bisa Anda jual di internet yang mudah-mudahan bisa memercikan ide di kepala Anda.

  1. Produk Fisik
    1. Produk elektronik seperti komputer, TV, dan sebagainya
    2. Gadget seperti HP, Blackberry, iPod, iPad, dan sebagainya
    3. Makanan, mulai dari keripik singkong, rendang, makanan khas, dan sebagainya
    4. Obat-obatan, mulai dari obat herbal, obat kuat, obat China, dan sebagainya
    5. Buku, mulai dari buku pelajaran, buku umum, bahkan buku yang sulit ditemukan
    6. Hobi, seperti barang-barang yang bisa dikoleksi atau peralatan berkaitan dengan hobi
    7. Dan masih banyak lagi, silahkan Anda kembangkan sendiri.
  2. Produk Digital
    1. eBook, baik dalam format PDF, eBook untuk ponsel, Kindle, dan sebagainya
    2. Software, baik software bisnis, pendidikan, atau sekedar hobi
    3. Video digital, artinya video yang didownload, yang berisi hiburan atau edukasi
    4. Produk grafis, yaitu hasil desain grafis yang diperlukan untuk bisnis atau kesenangan

Coba Anda lihat, dari menjual produk saja, Anda bisa memilih banyak sekali pilihan dan masih bisa dikembangkan menjadi lebih banyak ide lagi.

Pertanyaanya, bagaimana jika tidak punya produk untuk dijual? Ya cari dong!

Ya, Anda bisa menjual produk orang lain dengan cara kerja sama. Anda bisa mencari teman atau rekan Anda yang memiliki produk, kemudian Anda ajak kerja sama untuk memasarkannya. Amazon ada sistem asosiasi, dimana Anda bisa menjual produk Amazon.com dengan komisi. Begitu produk digital, ada sistem afiliasi dan reseller, sehingga memudahkan Anda untuk menjual produk orang lain.

Yang terbaik memang menjual produk sendiri. Anda bisa merancang atau membuat sendiri atau Anda juga bisa membeli dan menjualnya kembali. Intinya banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjual produk.

Ide-ide bisnis online itu sangat banyak, bahkan kita baru membahas dengan cara menjual produk. Selain produk, Anda juga bisa menjual jasa.

Anda Juga Bisa Menjual Jasa

Jasa apa yang bisa dijual di internet? Banyak bro! Jasa yang bisa dijual secara offline, bisa juga dijual melalui online. Jasa itu bisa berupa pekerjaan, pengurusan, atau pengelolaan. Berikut contoh-contoh jasa yang bisa Anda jual di internet:

  1. Jasa Pekerjaan Pemasaran, seperti jasa
    1. Membangun backlink
    2. Jasa mempromosikan facebook, twitter, dan social media lainnya
    3. Jasa menyebarkan brosur offline
  2. Jasa Pembuatan
    1. Jasa pembuatan website
    2. Jasa pembuatan ebook, buku, video, presentasi, dan sebagainya
    3. Jasa pembuatan halaman facebook
    4. Jasa pembuatan jaket
    5. Jasa pembuatan produk lainnya
  3. Jasa Pemasaran
    1. Jasa mencari lead dan prospek untuk MLM, Asuransi, Investasi, dan sebagainya
    2. Jasa menjualkan produk dengan sistem afiliasi dan bagi hasil
    3. Jasa ruang iklan di website Anda seperti iklan banner dan Google Adsense
  4. Jasa Pengurusan
    1. Jasa mengurus pembelian barang dari luar negeri
    2. Jasa mengurus pembuatan dokumen
  5. Jasa Pengelolaan
    1. Jasa pengelolaan website,
    2. Jasa pengelolaan social media seperti facebook, twitter, dan sebagainya
    3. Jasa pengelolaan website

Banyak bukan, dan saya yakin daftar jasa diatas akan membuka pikiran Anda ke ide-ide bisnis online yang menjual jasa lainnya. Akan banyak sekali, ide-ide bisnis online itu.

Masih Ada Yang Lain ?

Tentu saja masih ada ide-ide bisnis online lainnya. Untuk yang dibawah ini terjadi banyak kontroversi, baik secara sistem maupun kehalalannya. Saya menyimak diberbagai forum, ternyata masih banyak pro dan kontra. Untuk itu kita perlu berpikir lebih hati-hati dan lebih bijak dalam menyikapinya.

Ide-ide bisnis online itu diantaranya:

MLM Online

MLM Online pada dasarnya adalah MLM biasa yang dijalankan secara online. Sekarang banyak pelaku bisnis MLM yang mengembangkan jaringannya via internet.

Bagaimana tentang MLM sendiri, apakah itu menghasilkan dan halal? Jika Anda mau membaca berbagai diskusi, banyak sekali perdebatan tentang MLM, yang jelas ada pro dan kontra. Lalu, bagaimana dengan saya sendiri. Saya sebagai seorang Muslim, tentu menginginkan bisnis yang halal, maka yang menjadi patokan bagi saya adalah fatwa MUI dan Dewan Syariah Nasional (DSN).

Jika seandainya saya ikut MLM, maka saya harus memastikan bahwa sistem MLM perusahaan tersebut sudah mendapatkan sertifikat dari DSN. Tapi ini hanya  pendapatkan saya. Silahkan Anda menentukan sikap.

Program Investasi

Banyak sekali program investasi yang ditawarkan di internet. Anda menyetor sejumlah uang, dalam jangka tertentu akan memberikan hasil sekian persen. Bahkan hasilnya banyak yang sangat menggiurkan. Saya tidak mau bicara banyak tentang ini, karena saya belum memiliki pengetahuan yang cukup dan juga belum memiiki pengalaman.

Sistem Piramida

Sistem sederhana, Anda harus menyetor uang ke sponsor Anda. Setelah Anda menyetor, maka Anda berhak menerima setoran dari orang yang Anda rekrut. Untuk hal ini saya juga belum punya pengalaman dan pengetahuan. Hanya saja, hati-hati dengan money game.

Panduan dari saya, jika mau ikut bisnis berjenjang, yang utama bagi saya adalah sertifikat dari DSN. Setidaknya ada pengakuan dari APLI.

Kesimpulan

Sudah Anda lihat disini, bahwa ide-ide bisnis online itu sangat banyak dan akan terus berkembang. Lalu memilih yang mana? Silahkan sesuai dengan minat dan potensi yang Anda miliki. Anda tentu memiliki kriteria, saya pun sama, maka gunakan kriteria Anda untuk memilih ide-ide bisnis online tersebut untuk Anda geluti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *