Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal 500 Ribu Atau Kurang

Mau memulai bisnis rumahan tapi modal “hanya” Rp 500.000?

Tenang, modal awal 500 rb itu sudah lebih dari cukup untuk membuka sebuah usaha, baik untuk penghasilan sampingan maupun utama.

Yang penting tau caranya.

Ide bisnisnya banyak, yang penting bagaimana menjalankannya agar sukses dan menguntungkan.

Betul? Bukan sekedar bikin bisnis!

Buka usaha itu mudah, namun yang butuh perjuangan bagaimana mempertahankan dan mengembangkannya.

Ide Usaha dengan Modal 500 Ribu Rupiah

Bisnis Rumahan Dengan Modal 500 Ribu

Kalau Anda berharap saya akan mendaftar ide-ide usaha yang modal awalnya Rp 500.000 atau dibawah, sebenarnya sangat banyak. Banyak sekali.

Anda bisa jualan banyak produk dengan modal setengah juta rupiah atau kurang. Anda bisa membeli makanan, baju atau pakaian, obat herbal, buku, dan sebagainya yang harganya dibawah Rp 500.000, kemudian Anda jual lagi dengan keuntungan.

Coba pikirkan, banyak bukan?

Cara Membuat Usaha dengan Modal 500 Ribu

Mindset: Modal Rp 500rb itu bukan total modal, tetapi hanyalah modal awal.

Yah … ingat hanya modal awal, artinya Anda akan menambah modal lagi nanti jika bisnis Anda mau berkembang. Anda bisa menambah modal dari uang dari luar atau menyisihkan sebagian keuntungan untuk modal tambahan. Saran saya gunakan ide kedua.

Jadi, modal awal benar-benar Rp 500.000 kemudian membesar secara alami, menggulung, atau membesar tanpa modal dari luar. Ini akan menjadikan bisnis Anda lebih kokoh dibandingkan Anda menyuntik modal dari luar.

Tantangan disini adalah bagaimana kita mau menyisihkan keuntungan yang masih sedikit. Anda harus memiliki mental kuat untuk melakukannya. Buktinya sangat sedikit yang bisa.

Cara Buka Usaha Modal 500 Ribu

Untuk apa uang Rp 500.000 yang Anda miliki?

Ada beberapa pilihan:

  1. Membeli produk yang bisa Anda jual lagi. Atau bahan baku untuk membuat produk tertentu. Artinya modal Anda dijadikan produk jualan.
  2. Dijadikan modal pemasaran, misalnya untuk iklan, membuat brosur, memasang iklan di radio.
  3. Produk plus pemasaran.
  4. Untuk belajar bisnis.

Mana yang terbaik? Fleksible, disesuaikan dengan kondisi produk dan pasar.

Bisnis Online Modal 500 Ribu

Anda bisa memilih membeli produk, sementara pemasaran modal dengkul atau sudah punya pasar. Contoh, rumah Anda dilewati banyak orang, maka Anda tinggal beli produk dan digelar di depan rumah. Atau Anda bisa menawarkan di akun facebook pribadi.

Banyak cara promosi gratis yang bisa Anda coba saat Anda fokus mendapatkan produk. Misalnya Anda membeli baju, membeli sepatu, membeli bonek, jilbab, dan pakaian lainnya. Kemudian Anda pasarkan dengan cara-cara gratis secara online.

Selain pakaian Anda bisa menjual produk lainnya seperti makanan, buku, herbal, dan sebagainya. Dengan Rp 500.000 ada banyak pilihan produk yang bisa dibeli, meski dengan jumlah yang sedikit.

Memang, untuk sebagian produk ada yang mengharuskan membeli dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan potongan harga. Ada juga yang tidak harus, misalnya Anda bergabung dengan MLM berbasis produk. Selama Anda sudah jadi member, membeli produk 1 pun sudah mendapatkan harga agen.

Kalau pun Anda membeli produk sedikit mahal dengan jumlah sedikit, tidak apa-apa. Di markup saja dengan keuntungan yang cukup. Apa akan laku? Mungkin iya mungkin tidak. Pada kenyataan, banyak teman yang menjual produk dengan harga lebih mahal dibandingkan harga sebenarnya, tapi tetap saja laku.

Anda bisa membuat toko online dengan menggunakan website gratisan, seperti di halaman Facebook, di Blog gratisan, di market place, di iklan baris, dan sebagainya. Banyak yang gratis. Yang penting Anda sudah mengetahui bagaimana cara mempromosikan website Anda.

Modal 500 Ribu Bisa Buat Usaha Apa Saja?

Jawabannya banyak. Anda bisa menjual apa pun dengan modal 500 ribu. Anda menggunakan strategi ke dua, dimana Anda tidak perlu memiliki produk dulu. Cari orang lain, teman Anda, sahabat Anda, saudara atau siapa pun yang punya produk atau jasa yang bisa Anda jual tanpa harus membeli dulu.

Fokus Anda memasarkan dan menggunakan uang Rp 500rb untuk modal promosi. Diatas saya menjelaskan banyak cara promosi dengan gratis, tetapi jika Anda ada anggaran, kenapa tidak? Promosi menggunakan uang, hasilnya lebih cepat.

Apakah ada resiko? Ya tentu saja. Namanya juga bisnis. Mungkin Anda sudah menghabiskan uang Rp 500.000, dan tidak ada produk terjual. Mungkin saja. Itu bagian dari bisnis.

Apa yang bisa dilakukan dengan Rp 500.000 untuk promosi?

  • Iklan di Facebook
  • Iklan di Google Adword
  • Iklan di website orang lain
  • Membuat brosur sederhana dengan dicetak.
  • Bisa membuat brosur full color dengan diprint
  • Bisa membuat poster dengan di fotocopy
  • Membuat website profesional dengan domain dan hosting berbayar.
  • Atau untuk membeli bensin jika Anda mau keliling jualan tatap muka.
  • Untuk membeli pulsa, mengirim SMS ke semua kontak yang Anda miliki.
  • dan sebagainya.

Tentu saja Anda bisa mengkombinasinya dengan pemasaran gratisan. Manfaatkan modal Anda seefektif mungkin ditambah dengan usaha pemasaran gratis untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Sekali lagi, Anda harus siap dengan resiko. Jika kehilangan uang karena promosi, uang itu nyaris tidak akan kembali. Relakan saja, anggapa itu sebagai ongkos belajar.

Untuk meminimalkan resiko, sebelum Anda promosi, belajar dulu bagaimana cara promosi yang efektif. Meski tetap saja, setelah belajar tidak ada jaminan akan berhasil. Tapi kalau ada ilmunya, bisa mengurangi resiko.

Usaha Rumahan dengan Modal 500 Ribu

Saat Anda mau menjalankan usaha rumahan dengan modal 500 ribu, sebenarnya akan banyak terbantu dengan berbagai penghematan. Anda tidak perlu kantor, transportasi, dan makan siang pun tidak perlu menambah biaya.

Belum lagi, Anda bisa mengoptimalkan peralatan atau aset lainnya yang Anda miliki untuk memulai usaha. Jika selama ini Anda sudah punya komputer di rumah, maka manfaatkan untuk usaha. Halaman, kendaraan, bahkan kompor pun bisa menjadi modal usaha.

Misalnya Anda mau usaha jualan nasi kuning. Modal 500 ribu sudah lebih dari cukup untuk membeli berbagai bahan dan bumbu plus lauk pauknya. Untuk memasak Anda optimalkan peralatan masak yang Anda miliki saat ini.

Saya pernah mendengar, penjual nasi goreng keliling modal untuk membeli bahan-bahan itu sekitar 250 ribu. Jika habis, maka akan dapat uang 500 ribu alias keuntungan 100%. Jika lokasi Anda bagus, nasi kuning juga bisa menjanjikan.

Jangan anggap enteng warung. Tidak akan cukup dengan modal 500 ribu. Jika Anda belanja untuk buka warung, dengan uang 500 ribu akan mendapatkan barang yang terlalu sedikit. Sementara profitnya kecil sekitar 10% dari omset. Dengan modal 500 ribu, jika itu habis dalam satu hari, profil Anda 50rb.

Itu pun kalau habis, nyatanya sangat sulit. Jadi, membuka warung bukan pilihan tepat untuk modal kecil, dibawah 1 juta.

Saran saya, pilih usaha menjual 1 produk saja dengan profit yang bagus. Makanan atau pakaian bisa menjadi pilihan. Atau Anda lihat pasar, lihatlah apa yang dibutuhkan orang-orang sekitar Anda atau yang lewat rumah Anda.

Investasi Modal 500 Ribu Agar Menguntungkan

Bisakah dengan investasi 500 ribu kita memiliki usaha yang menguntungkan sehingga menopang untuk kehidupan keluarga?

Strategi #1: Perhatikan ROI

Karena modal kita kecil, maka perhatikan ROI sebesar mungkin. Bagusnya bisa 100% atau setidaknya berarti. Mengapa? Karena modal kecil, kita akan kesulitan main kuantiti, untuk kejar keuntungan besar sebesar mungkin.

Dengan modal produk Rp 500.000, diharapkan dapat Rp 500.000 saat produk itu habis dan bisa segera habis. Kalau pun tidak habis, setidaknya penjualan harus memenuhi target penghasilan kita.

Strategi #2: Reinvest Segera

Tunda kesenangan sementara. Saat Anda misalnya punya penghasilan Rp 300.000 per hari. Maka sebulan misalnya Rp 7.500.000, Anda sudah bisa memiliki gaya hidup yang cukup.

Saran saya, tetaplah sederhana dan “paksakan” untuk menyimpan sebagian keuntungan untuk investasi selanjutnya. Investasi 500.000 itu kecil. Anda harus menambahnya agar bisnis Anda bukan sekedar menguntungkan, tetapi menguntungkan yang besar.

Penutup

Ide usaha dengan modal 500 ribu itu banyak. Saya tidak akan menyebutnya satu per satu disini. Tapi dengan membaca panduan disini, seharusnya Anda sudah bisa melihat peluang-peluang usaha dengan modal 500 ribu. Kuncinya adalah bagaimana strategi Anda menggunakan uang itu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *