Empat Tips Untuk Memulai Kerja di Rumah

Memulai Kerja di Rumah Adalah Langkah Terpenting

Memulai Kerja di RumahYa, memulai kerja di rumah adalah langkah paling penting. Dengan memulainya, maka Anda akan menciptakan momentum, dan momentum akan menciptakan tindakan yang berkelanjutan. Saat Anda diam, tidak juga memulai, maka Anda akan cendrung untuk diam terus.

Maka, jika Anda memang ingin kerja di rumah, maka yang harus Anda lakukan adalah memulai kerja di rumah sekarang juga. Jika hanya bicara, jika hanya ide, jika hanya mikir-mikir, Anda akan melewatkan banyak peluang, karena setiap waktu yang terlewat, artinya Anda membuat peluang. Peluang datang seiring dengan waktu.

Namun, saya sering menerima email, dimana mereka bingung bagaimana memulainya. Keinginan sudah ada, ide sudah ada, tetapi bingung mau memulai dimana. Berikut adalah 4 tips yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah Anda memulai kerja di rumah.

Jangan Tinggalkan Pekerjaan Anda Saat Ini

Anda bisa memulai kerja di rumah sambil tetap bekerja pada pekerjaan Anda saat ini. Tentu saja, tips ini berlaku bagi Anda yang sedang bekerja. Bagi Anda yang tidak bekerja, abaikan saja tips yang pertama dan langsung ke tips yang kedua.

Namun jika Anda saat ini sedang bekerja di sebuah perusahaan atau instansi, maka saran saya Anda tetap bekerja, jangan tinggalkan pekerjaan saat ini, saat Anda sedang memulai kerja di rumah. Tentu Anda akan tambah sibuk, tambah capek, dan tambah pusing. Ini adalah pengorbanan yang Anda perlukan untuk hidup yang lebih baik.

Mengapa kita jangan dulu meninggalkan pekerjaan? Secara realitas, bisnis atau kerja di rumah akan memakan waktu saat mulai memberikan hasil. Ada tahapan yang harus Anda lalui, yang pertama persiapan dan yang kedua masa pengenalan.

Saat persiapan dan pengenalan, belum ada pemasukan yang berarti sehingga Anda harus tetap bekerja untuk keperluan Anda sehari-hari. Lamanya bervariasi tergantung kecepatan Anda dalam persiapan dan memperkenalkan bisnis Anda kepada pasar Anda.

 Memulai Kerja di Rumah Artinya Menentukan Ceruk Pasar Anda

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat sesorang memulai kerja di rumah adalah menggunakan prinsip PALUGADA, aPA LU mau Gua Ada. Artinya menggarap semua hal, serabutan, dan tidak fokus. Mungkin Anda berpikir dengan cara ini akan mendapatkan banyak uang. Mungkin, tetapi sumber daya kita terbatas, kita akan kesulitan untuk menggarap semuanya sekaligus.

Sudah terbukti dari pengalaman dan pengamatan saya, bahwa orang yang memulai bisnis fokus pada ceruk pasar tertentu, lebih cepat menghasilkan dibandingkan dengan orang yang menggunakan prinsip PALUGADA. Dengan fokus pada satu ceruk pasar, akan mempercepat siklus transisi karena Anda cepat menghasilkan uang.

Bagaimana Cara Menentukan Ceruk Pasar Yang Cocok?

Memulai Kerja di Rumah Berdasarkan Pengalaman Anda

Anda bisa memulai kerja di rumah berdasarkan bidang yang Anda geluti saat ini. Jika selama ini Anda bekerja di sebuah perusahaan pakaian misalnya, Anda bisa mencoba memulai kerja di rumah dengan memilih ceruk pasar pakaian. Anda sudah banyak mengetahui, ilmunya sudah cukup banyak, dan pengalaman pun sudah memadai. Sehingga Anda tidak perlu belajar dan meraba-raba dari nol lagi.

Apa pengalaman Anda, bisakah digunakan sebagai ide kerja di rumah?

Bisakah Dari Hobi?

Tentu saja bisa. Saya memulai blogging sebab saya hobi membaca dan menulis. Banyak orang yang memulai bisnis atau kerja dirumah mengikuti hobinya dan sukses. Jika Anda kerja di rumah sesuai dengan hobi Anda, maka Anda akan menyukai apa yang Anda lakukan disamping pengetahuan Anda tentang bidang ini cukup banyak.

Ikuti Peluang Bagus

Anda bisa memulai kerja di rumah dengan mengikuti peluang bagus yang ada di depan mata Anda. Mungkin bidang ini asing, mungkin Anda belum mengerti banyak tentang bidang ini. Tetapi jika diabaikan sayang karena peluangnya besar. Anda bisa mengambil peluang ini dengan dua taktik berikut ini:

  1. Carilah pengetahuan secepat mungkin tentang bidang ini. Saat saya mendapatkan peluang yang baru bagi saya, saya langsung menelpon teman-teman saya yang sudah berpengalaman, saya mendapatkan banyak masukan dan trik agar tidak gagal atau tertipu. Alhamdulillah saya bisa mengambil peluang ini dengan keuntungan yang lumayan. :)
  2. Carilah mitra yang sangat mengerti bidang ini. Tentu saja Anda harus memiliki sistem agar bisnis Anda aman, tidak dicaplok oleh mitra bisnis Anda. Sistem itu meliputi cara memilih mitra dan sejauh mana kita melibatkan mitra bisnis agar bisnis Anda tetap aman. Saya pun menggunakan taktik ini dan sukses.

Manfaatkan Media Internet

Media internet bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis atau kerja di rumah. Internet bisa membantu Anda mempermudah menjalan bisnis ini disela-sela kesibukan Anda. Dengan pemasaran internet, ada yang membantu Anda menjajakan dagangan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Sehingga akan memudahkan Anda menjalani masa transisi karena ada sebagian tugas yang bisa dilakukan secara otomatis.

Bertahanlah

Memulai kerja di rumah memerlukan perjuangan dan kesabaran. Saya tidak mengatakan bahwa memulai kerja di rumah itu mudah, semudah membalikan telapak tangan. Memang sulit, memang memerlukan waktu, dan memerlukan kesabaran sampai memberikan hasil yang bagus. Untuk itu Anda memerlukan suntikan optimisme dan motivasi agar terus bertahan. Jangan mudah menyerah. Jangan berhenti karena ada masalah. Masalah itu biasa, yang diperlukan adalah mencari cara bagaimana mengatasi masalah tersebut.

Kesimpulan

Agar Anda bisa menjalani transisi dengan baik dari bekerja menjadi kerja di rumah, maka lakukan keempat tips ini yaitu jangan dulu tinggalkan pekerjaan Anda, pilihlah ceruk pasar yang paling sesuai dengan Anda, manfaatkan media online, dan bertahanlah saat menghadapi kesulitan dan masalah.

Mudah-mudahan keempat tips ini bisa mempermudah Anda memulai kerja di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *