Cara Terbaik Dapat Duit Dari Blog

Jika Hasil Blog Anda Belum Memuaskan

Cara terbaik dapat dui dari blogBanyak yang berkata, jika ingin menghasilkan pengunjung blog harus banyak. Semakin banyak pengunjung sebuah blog, akan semakin besar penghasilan yang didapat dari blogging atau ngeblog tersebut. Benar demikian?

Benar, tetapi bukan cara yang terbaik.

Saya sudah mencoba-coba berbagai cara menghasilkan uang dari ngeblog. Bahkan bukan blog berbahasa Inggris, cukup blog berbahasa Indonesia. Ada variasi penghasilan dari berbagai cara yang saya lakukan. Tentu ada yang memberikan hasil lumayan, ada juga yang tidak, bahkan ada juga yang tidak menghasilkan.

Mau tau apa yang terbaik?

Ide-ide Penghasil Uang Dari Blog

Publisher Iklan PPC?

Saya tidak menjadi publisher Iklan PPC lokal, bukan tidak cinta produk anak negeri, namun iklannya … banyak iklan “lendir” dan kaya mendadak. Saya kurang sreg. Akhirnya saya tetap menjatuhkan pilihan ke Google Adsense. Iklannya cukup selektif meski pun tetap harus diseleksi lagi oleh kita. Saya masih tetap banyak memblokir iklan agar hanya iklan yang layak yang muncul.

Sekarang, Google Adsense bisa untuk blog berbahasa Indonesia. Alhamdulillah, saya bisa mendapatkan antara US$ 100 – 170 per bulan. Yah lumayan untuk bayar hosting dan internet. Enaknya, penghasilan dari Google Adsense tidak bikin capek, tinggal pasang iklan dan fokus membuat artikel. Tiap bulan tinggal cairin Western Union.

Lumayan… saya tidak tau dengan menjadi publisher PPC lokal. Jika Anda punya pengalaman, silahkan dishare di komentar. Tentu saja, saya tidak fokus di Google Adsense, boleh dibilang hanya melengkapi kekosongan di blog saya. Hasilnya lumayan untuk operasional.

Menjual Produk Afiliasi

Konon, cara ini bisa memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan GA, terutama jika Anda cukup mahir mengkonversi pengunjung menjadi pembeli produk yang kita rekomendasikan. Banyak orang yang menjalankan bisnis afiliasi hanya dengan menempel banner di sidebar atau bawah artikel. Ada cara yang lebih bagus. Yaitu Anda harus melakukan pre-sell.

Saya mencoba pre-sell, ada diblog ini :) dan lumayan memberikan hasil meski pun belum besar. Kenapa? Sekali lagi, saya belum fokus, baru hanya menguji metode dan cukup efektif. Meski kunjungan blog ini masih minim, tapi sudah bisa menghasilkan penjualan.

Kuncinya lakukan softsell seperti review produk atau menyinggung sebuah manfaat produk atau jasa. Ini lebih efektif sebab orang akan sadar akan manfaat sebuah produk dan jasa sehingga muncul keinginan untuk membelinya. Konversinya lumayan.

Menjual Produk Informasi Sendiri

Nah ini spesialisasi saya. Saya menulis ebook, membuat video, dan membuat audio, kemudian saya jual di blog saya. Bagaimana hasilnya? Lumayan, ini memberikan hasil yang paling besar. Jika Anda mau belajar bisnis ini, silahkan pelajari di ebook saya: Usaha Terbaik.

Tantangannya, saya akui, adalah perlu waktu untuk belajar dan perlu waktu untuk membuat produk sendiri. Namun jangan malas, sebab hasilnya sepadan.

Menawarkan Peluang Bisnis

Saya bergabung dengan bisnis keagenan dimana saya bisa merekrut Agen baru dan tentu akan mendapatkan komisi penjualan dari Agen dibawah saya. Hasilnya? Belum kelihatan karena saya memang baru bergabung dan dalam proses membangun Agen yang banyak.

Namun sejauh ini perkembangannya lumayan, dari blog saya, setiap bulan saya bisa mendapatkan 7-10 Agen baru. Meski belum memberikan hasil besar, saya yakin dengan potensinya saat semakin banyak lagi Agen yang bisa saya ajak. Tertarik? Boleh, silahkan bergabung disini.

Ada yang lainnya? Tentu masih ada, tapi hanya itu yang sudah saya coba selain ada beberapa jasa yang saya tawarkan juga, namun belum stabil hasilnya.

Inilah Yang Terpenting

Anda boleh menggunakan metode apa saja dalam mencari penghasilan dari aktivitas ngeblog Anda. Namun ada satu hal yang perlu kita perhatikan agar Anda mendapatkan penghasilan yang paling optimal melalui blog Anda.

Hal yang paling penting itu adalah KONVERSI.

Konversi adalah persentasi pengunjung yang membeli produk/jasa atau bergabung dengan peluang Anda. Pengunjung sangat penting tetapi harus dibarengi dengan konversi yang bagus.

Penghasilan Anda  = Jumlah Pengunjung X Konversi

Cara Meningkatkan Penghasilan

Cara meningkatkan penghasilan dilakukan dengan dua cara, yaitu meningkatkan jumlah pengunjung DAN meningkatkan konversi. Untuk meningkatkan jumlah kunjungan, sudah dibahas sebelumnya pada blog ini.

Bagaimana cara meningkatkan konversi?

  1. Kemampuan Anda dalam merangkai kata dan gambar yang menjual (meski pun soft selling) atau disebut copy writing.
  2. Membangun kepercayaan. Ini sangat penting, orang tidak akan bertransaksi dengan Anda jika tidak percaya kepada Anda.

Kemampuan copy writing adalah kemampuan yang sangat penting untuk dikuasai jika ingin menghasilkan uang. Jadi, silahkan pelajari.

Sementara membangun kepercayaan bisa dilakukan dengan berbagai cara:

  1. Bersikap terbuka dengan calon pelanggan Anda. Mereka harus mengetahui siapa Anda. Jangan sembunyi dibalik blog. Termasuk kejelasan lokasi Anda.
  2. Desain website termasuk domain dan hosting. Semakin profesional akan semakin bagus untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Profesional website bukan ukuran apakah penipuan atau bukan, tetapi sejauh mana Anda serius membuat website. Ini menunjukan profesionalisme Anda dalam berbisnis, tidak asal-asalan.
  3. Komunikasi secara kontinyu. Cara terbaik yang bisa dilakukan ada dengan Email Marketing. Anda harus memiliki autoresponder agar bisa mengirim email ke semua orang yang mau dikirim mendaftar. Cara komunikasi yang tepat akan menjadikan mereka percaya dan penjualan akan meningkat. Ini yang saya lakukan dan hasilnya dahsyat!
  4. Dan cara lainnya yang menjadikan Anda bisa dipercaya.

Kesimpulan

Mendapatkan penghasilan dari ngeblog bukan sekedar bertanya “apa” tetapi “bagaimana” melakukannya agar memberikan hasil yang terbaik. Anda boleh bergabung dengan peluang bisnis atau menjual produk sendiri/orang lain atau publisher iklan PPC, setelah itu tingkatkan jumlah pengunjung blog Anda dan tingkatkan konversi.

Clip to Evernote

3 Responses to “Cara Terbaik Dapat Duit Dari Blog”

  1. ananda says:

    sob blog ane baru 1 minggu dan ane masih belum yakin klo adsese bakal kanvermasi blog ane.
    lagian ane masih baru belajar bener bikin blog.
    mohan bantuan.

    • Makanya: langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membangun blog terlebih dahulu. Banyak menulis artikel, jika bisa 3 artikel per hari. Insya Allah dalam waktu sebulan sudah ada kunjungan. Kemudian silahkan pikirkan cara menghasilkan uang. GA hanya salah satu cara.

  2. usaha kerja sampingan says:

    Mantap 4 ide bisnis online, dari penjelasan diatas saya sbgai newbie memilih ikut program affiliasi karena disamping belajar kita dapat penghsilan, pilihlah salah satu yg paling menarik minat anda karena itu akan membantu anda bertahan di bisnis yang akan anda pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *