Cara Mengembangkan Usaha Kecil-Kecilan Dengan Teknik SEO

Cara mengembangkan usaha kecil-kecil bisa dengan berbagai cara.

Salah satunya dengan teknik SEO (optimasi mesin pencari).

Biaya  murah, namun Anda bisa mendatangkan calon pembeli terus-menerus.

Calon pembeli yang tertarget karena mereka yang mencari.

Tanpa harus membayar iklan.

Apa itu SEO?

Cara Mengembangkan Usaha Kecil-Kecilan: Perluas Pasar

Cara Mengembangkan Usaha Kecil-Kecilan Dengan Teknik SEO

Salah satu aspek yang penting Cara Mengembangkan Usaha Kecil-Kecilan yang terpenting adalah dengan meningkatkan penjualan. Cara meningkatkan penjualan dengan cara memperluas pasar.

Sekarang jaman internet, Anda bisa memanfaatkan internet untuk menjangkau pasar yang lebih salah satu caranya adalah dengan menggunakan teknik SEO.

Apa Itu SEO?

Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Berada pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian untuk subjek tertentu memberikan keuntungan ganda bagi perusahaan pemasaran via internet:

  1. Peluang calon pelanggan mengunjungi situs web mereka menjadi lebih besar. Hal tersebut dapat berlanjut pada meningkatnya tingkat konversi dari pengunjung biasa menjadi pembeli.
  2. Berada pada peringkat pertama hasil pencarian memberikan citra dan reputasi yang baik bagi sebuah situs di mata pengunjung.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari

Sebagai contoh:

Misalnya Anda punya bisnis konveksi jaket. Akan ada orang yang mencari jasa Anda di Google (salah satu mesin pencari). Mereka mencarinya dengan kata-kata: jasa pembuatan jaket bandung. Inilah yang disebut kata kunci atau keyword. Tentu akan ada banyak variasi kata kunci lainnya, ini hanya contoh.

Ini adalah hasil pencarian. Pertanyaanya adakah website Anda muncul? Mungkin muncul di halaman berikutnya, namun peluang dibuka yang peling besar adalah web-web yang muncul di halaman 1 hasil pencarian. Jarang sekali yang membuka halaman 2,3,5, 10 apalagi ratusan sampai ribuan halaman berikutnya.

Jadi, dengan SEO Anda mengusahakan website Anda ada di halaman 1. Biasanya per halaman ada 10 hasil pencarian dan yang paling atas No1, no 2, no 3 paling tinggi peluangnya diklik. Bahkan nomor 1 bisa sampai mendapat 40%-50% klik dari total tampilan.

Pengaruh SEO Terhadap Usaha Anda

Apa yang terjadi jika ada banyak kata kunci yang berkaitan dengan bisnis Anda atau produk Anda tampil di 3 besar atau setidaknya 10 besar (di halaman 1)?

Berikut yang akan terjadi:

  • Karena website Anda mudah ditemukan, maka penjualan akan meningkat.
  • Merk Anda lebih dikenal, jadi SEO bagian dari branding.
  • Jangkau pemasaran lebih luas karena website bisa diakses dari seluruh dunia. Anda bisa memulai meraih peluang export dengan SEO.
  • Fokus lokal pun bisa, misalnya Anda membidik target dalam 1 kota saja.
  • Sebagai alat edukasi produk kepada masyarakat.
  • Sebagai alat komunikasi perusahaan dengan pelanggan.

SEO memang bukan satu-satunya teknik pemasaran di internet. Namun jika diabaikan maka kita menyia-nyiakan potensi SEO untuk memperbesar bisnis Anda.

Kenapa Harus Memperhatikan SEO?

Sampai sejauh ini, mesin pencari adalah situs yang paling banyak dikunjungi. Artinya kebanyakan orang akan menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi tertentu termasuk mencari produk yang mereka butuhkan.

Pertanyaanya, saat calon pembeli mencari produk di Google, apakah website Anda yang muncul atau website pesaing Anda? Jika website pesaing yang muncul, sementara website Anda tidak ada, maka hampir dipastikan mereka tidak akan pernah memikirkan untuk membeli kepada Anda.

SEO adalah investasi jangka panjang. Jika Anda menerapkan teknik SEO yang benar, maka website Anda akan cukup bertahan lama memiliki ranking di mesin pencari. Artinya hasilnya jangka panjang. Investasi yang akan keluarkan akan menghasilkan dalam jangka waktu lama juga.

Tahapan Menjalankan Teknik SEO

Berikut adalah gambaran umum bagaimana menjalankan teknik SEO untuk mengembangkan usaha kecil-kecilan Anda.

  1. Siapkan website. Saran saya buat website berbayar. Memang dengan menggunakan website gratisan bisa, namun tetap lebih baik menggunakan website yang berbayar, baik dari sisi SEO maupun kredibilitas bisnis Anda. Dengan website berbayar, Anda akan terlihat profesional. Apalagi investasi untuk membuat website tidaklah mahal.
  2. Riset kata kunci. Kata kunci apa saja yang sesuai dengan produk atau jasa Anda. Kata kunci apa saja yang pencariannya banyak tetapi persaingannya sedikit. Kata kunci apa yang potensial dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Kata kunci apa yang sedang trend.
  3. Buatlah konten di website Anda yang relevan dengan kata kunci yang sudah Anda riset sebelumnya.
  4. Buatlah website anda dipercaya oleh Google. Google akan melihat kualitas dan kuantitas konten di website Anda. Semakin dipercaya, website Anda akan lebih tinggi rankingnya.

Tentu saja ada banyak hal teknis yang perlu dibahas untuk menjalankan teknik SEO tersebut. 4 langkah diatas barulah gambaran besar. Ada langkah-langkah detil mulai dari cara memiliki atau membuat website.

Bemudian bagaimana cara riset kata kunci. Dimana kita bisa mengetahui kata kunci tersebut? Kemudian bagaimana cara membuat konten yang relevan dengan sebuah kata kunci? Ya, itu perlu penjelasan lebih lanjut. Saya sudah membuat panduannya disini.

Penutup

SEO adalah sebuah teknik pemasaran yang sudah lama digunakan oleh para pemasar online. Jika produk Anda ingin dikenal oleh para pengguna internet, maka sudah sewajarnya Anda memikirkan tentang SEO untuk bisnis Anda.

SEO sangat prospektif karena saat ini internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan manusia modern. Semakin lama, pengguna internet akan semakin banyak bahkan tidak menutup kemungkin setiap orang nanti akan akses internet dengan mudah.

Demikianlah Cara Mengembangkan Usaha Kecil-Kecilan Dengan Teknik SEO ini, semoga bermanfaat untuk Anda.

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *