Cara Memulai Bisnis Rumah Makan

Rumah-Makan-Ampera

Selamat sore semua, lama kita tak berjumpa. Kali ini ijinkan saya membawakan sebuah artikel berjudul cara memulai bisnis rumah makan. Ya sekilas Anda sadari bahwa pada zaman sekarang banyak orang-orang yang merasa bosan dengan masakan yang dibuat seperti itu saja. Nasi dengan lauk pasti sudah biasa menjadi makanan keseharian orang Indonesia.

Contoh saja nasi dengan lauk ayam goreng, ayam bakar,pepes ayam dll, maka dari haruslah ada inovasi masakan terbaru agar nantinya masakan yang Anda jual di rumah makan Anda jadi disukai oleh konsumen. Pastikan harga yang relatif terjangkau semua kalangan dengan perbandingan target konsumen serta menu yang sudah di paskan porsinya, agar nantinya dapat berjalan dengan lancer usaha rumah makan ini.

Cara memulai usaha rumah makan yang terstruktur seperti ini bisa Anda buat dengan susunan perencanaan yang kuat dengan pertama melakukan perencanaan pemasaran, perencanaan produksi dan perencanaan tenaga kerja. Inilah langkah simple dalam cara memulai usaha rumah makan kecil Anda, yang dimulai dari kecil dan suatu saat akan menjadi rumah makan besar dengan pendapatan yang besar pula.

Langkah terpenting dalam merencanakan usaha rumah makan Anda adalah di bagian perencanan aspek pemasaran yang disebutkan tadi diatas. Perencanaan aspek pemasaran terbagi menjadi 2 tahapan, antara lain :

  1. STP

Adalah singkatan dari Segmentation, Targeting dan Positioning. Mari kita bahas satu per satu.

  • Segmentasi

Adalah proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar. Dalam hal ini bisa diteliti para pembeli dari 3 variabel yang berbeda, yaitu :

  • Variabel geografi

Variabel tersebut, antara lain: wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.

  • Variabel demografi

Variabel tersebut, antara lain: umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dll.

  • Variabel psikologis

Variabel tersebut, antara lain: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.

  • Targeting

Setelah memetakan pasar, tahap targeting seperti namanya adalah membidik kelompok konsumen mana yang akan kita sasar. Maksudnya mana konsumen  yang nantinya menjadi konsumen kita, spt : kalangan menengah ke bawah, menengah ke atas, pelajar, mahasiswa, orang lansia.

  • Positioning:

Apabila target pasar sudah jelas, positioning adalah bagaimana kita menjelaskan posisi produk kepada konsumen. Apa beda produk kita dibandingkan kompetitor dan apa saja keunggulannya. Memposisikan rumah makan kita mengenai produk yang dijual ada bedanya dengan orang lain, dalam artian ada perbedaan keunggulan yang rumah makan kita punyai.

  1. Bauran pemasaran

Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya. Bauran pemasaran memiliki empat variabel yang dikenal dengan istilah “4 P” (product, price, promotion, and place) yang saling berkaitan satu sama lain. penjelasan mengenai variabel-variabel bauran pemasaran adalah sebagai berikut:

a) Produk (product)

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

b) Harga (price)

Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya

c) Tempat (place)

Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.

d) Promosi (promotion)

Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.

Nah setelah itu dilanjutkan dengan cara menjalankan bisnis rumah makan yang nantinya secara berkelanjutan Anda dapatkan ilmunya, “separuh pekerjaan selesai, jika perencanaannya baik” orang bijak bilang demikian, jadi dalam cara menjalankan usaha rumah makan Anda usahakan membuat dulu perencanaan salah satunya diatas sudah dijelaskan dan semoga sukses memulai bisnis Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *