Cara Memulai Bisnis Online dari Nol – Panduan Lengkap

Inilah panduan lengkap cara memulai bisnis online dari nol.

Untuk Anda yang masih nol dalam ilmu, pengalaman, dan juga modal.

Bisa?

Tentu saja bisa, asal Anda memiliki kemauan yang kuat.

Kuncinya di kemauan. Kalau Anda punya kemauan, meski posisi Anda di titik nol saat ini, Anda akan bisa.

Saya akan jelaskan apa yang perlu dilakukan jika Anda masih nol. Saya akan bahas mulai nol dalam ilmu, pengalaman, dan modal.

Anda akan lihat, bahwa kuncinya adalah “kemauan”.

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol – Tidak Punya Modal

cara memulai bisnis online dari nol

Cara memulai bisnis online dari nol modal uang termasuk tantangan yang cukup umum. Banyak yang bertanya kepada saya bagaimana cara memulai bisnis online tanpa modal.

Apa bisa?

Jawabannya adalah … tidak bisa.

Betul, saya tidak bercanda. Semua bisnis akan membutuhkan modal. Terlepas modal itu apa, apakah uang atau barang atau bahkan aset non fisik. Apakah modal itu besar atau kecil. Modal itu selalu ada.

Kabar baiknya, Anda tetap bisa memulai bisnis meski pun Anda tidak punya modal dengan mengubah sedikit mindset. Jika dulu, mindset Anda mengatakan “jika tidak ada modal maka tidak ada bisnis”, maka ubah midnset tersebut menjadi: “mendapatkan modal adalah bagian dari proses membangun bisnis”.

Artinya, jika Anda tidak punya modal, maka mulailah berusaha untuk mendapatkan modal. Dalam bisnis online minimal Anda punya koneksi internet. Dan koneksi internet itu bayar. Kalau pun Anda mau numpang di rumah teman atau di kampus, butuh ongkos untuk kesana.

Kalau Anda sudah punya koneksi internet, artinya Anda sudah punya modal. Jadi kata siapa belum punya modal? Koneksi internet adalah model berharga kalau Anda mau bisnis online. Jadi jangan katakan tidak punya modal jika Anda sudah bisa online.

Tidak Punya Uang Untuk Membuat Website

Tapi …

“Saya tidak punya uang untuk bayar domain dan hosting, juga untuk bayar pembuatan website.”

Ada dua solusi …

  1. Anda bisa memulai dengan website gratisan. Ada blog gratisan, ada Youtube, ada facebook, ada twitter, ada instagram, dan sebagainya yang bisa Anda manfaatkan secara gratis.
  2. Anda bisa memanfaatkan koneksi internet dan waktu Anda untuk mendapatkan uang. Coba tawarkan jasa kepada orang lain, hanya dengan modal waktu dan internet sebenarnya sudah bisa menghasilkan (meski tidak banyak) uang untuk modal.

Tidak Punya Modal Untuk Membeli Produk

Tapi …

“Saya tidak punya uang untuk membeli produk.”

Kata siapa bisnis online harus membeli produk? Kalau Anda lihat di kantor saya, saya tidak punya stok produk lho! Serius. Saat artikel ini ditulis saya tidak punya stok produk untuk saya jual. Dan saya masih jualan produk fisik sampai saat ini.

Ada banyak cara dimana Anda bisa menjual produk fisik tanpa harus memiliki stok, tanpa harus punya modal besar untuk membeli produk.

Baca: Menjual produk orang lain secara online.

Menjual produk fisik adalah hanya salah satu ide bisnis online. Ada banyak ide bisnis dimana Anda tidak perlu menjual produk fisik.

Anda juga bisa bergabung dengan MLM Online, yang biaya pendaftaran murah tetapi Anda sudah bisa memasarkan semua produknya hanya bermodalkan website, termasuk website gratisan.

Tidak ada alasan bukan?

Coba baca: Panduan Lengkap Bisnis Online Untuk Pemula

Tidak Punya Uang Untuk Belajar

“Tapi … Saya tidak punya uang untuk membeli ebook dan video bisnis online yang harganya mahal.”

Ada banyak cara belajar bro. Tidak melulu harus membeli ebook, video, workshop atau pelatihan. Jika punya uang, saya sarankan ikut. Bagus itu. Dengan ilmu-ilmu berbayar Anda bisa menyerap ilmu berdasarkan pengalaman orang lain bertahun-tahun dalam sekejap.

Tapi jika masih belum punya uang, BUKAN ALASAN Anda tidak memulai bisnis online. Anda bisa belajar dengan banyak cara dan tidak harus bayar. Bahkan bisa jadi dibayar.

Berikut cara belajar bisnis online tanpa biaya atau dengan biaya sangat murah.

  1. Manfaatkan Google, cari jawaban atas pertanyaan Anda. Jika Anda tekun, Anda akan mendapatkan banyak ilmu-ilmu, minimal ilmu dasar.
  2. Manfaatkan Youtube, Anda akan mendapatkan banyak video yang berkaitan bisnis online.
  3. Buka forum-forum bisnis online, ubek-ubek disana, banyak tutorial atau berbagai pengalaman dari member group lainnya.
  4. Berteman atau bersahabat dengan pebisnis online yang berpengalaman, Anda bisa dapat ilmu gratis.
  5. Bekerja di bisnis online orang lain, dengan tujuan untuk belajar. Bukan hanya dapat ilmu, juga dapat duit untuk modal bukan?
  6. Bahkan bertanya kepada guru, mastah, atau suhu bisnis online bisa mendapatkan jawaban. Tapi Anda harus faham bahwa tidak semua dari mereka sempat menjawab. Juga mereka melihat bagaimana cara Anda bertanya. Jika Anda bertanya dengan tidak sopan, jangan salahkan mereka jika tidak mau jawab.
  7. Gabung dengan bisnis yang menawarkan bimbingan, seperti peluang reseller dan MLM Online yang menawarkan bimbingan. Belajar sambil dapat duit juga.

Cara Mendapatkan Modal Bisnis

Adalah hampir semua bisnis membutuhkan modal berupa uang cash. Bahkan saat bisnis sudah jalan pun, salah satu penentuk keberhasilan bisnis adalah cash. Uang memang penting dalam bisnis. Anda akan membutuhkan uang agar bisnis Anda jalan.

Uang dalam bisnis dibutuhkan untuk:

  • Membeli komputer/laptop, modem, dan peralatan lainnya.
  • Koneksi internet, baik biaya awal dan biaya bulanan
  • Komunikasi: telpon, BBM, WA. Butuh pulsa kan?
  • Transportasi, mungkin Anda membutuhkan bertemu seseorang, supplier, dan sebagainya
  • Website (hosting, domain, dan pembuatan). Pilihan, untuk awal tidak apa-apa gratisan dulu. Tapi jangan gratisan melulu.

Sebenarnya Anda bisa memulai bisnis meski tanpa uang dengan memanfaatkan apa yang ada atau apa yang Anda miliki saat ini. Tapi, jika menurut Anda uang itu sebuah keharusan agar bisnis Anda jalan, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencari uang.

Masuk akal bukan? Itu pilihan, bisnis tanpa menggunakan modal uang atau mencari uang untuk modal bisnis Anda. Anggaplah memang pilihannya yang kedua, maka buatlah rencana bagaimana mendapatkan uang untuk modal.

Berikut adalah beberapa pilihan yang bisa Anda lakukan:

  • Minta (kalau nggak malu) ke saudara, suami, orang tua, mertua, dan lain-lain. Tapi jangan minta sama saya ya, he he.
  • Minjam, bisa ke lembaga keuangan (asal jangan riba) atau ke orang dekat seperti disebutkan diatas.
  • Kerja dulu. Tidak apa-apa Anda bekerja dulu untuk mengumpulkan modal. Ini jauh lebih baik daripada Anda terus mengeluhkan tidak punya modal. Aneh memang, mengeluh tidak punya modal tetapi tidak mau mencari modal. Jangan jadi orang aneh ya!
  • Jual jasa. Menjual jasa adalah cara mencari uang bisa tanpa modal uang. Anda bisa menjual waktu, tenaga, dan keahlian Anda untuk mengumpulkan modal.
  • Jadi sales. Jangan gengsi, jadi sales selain mendapatkan uang juga sebagai latihan awal Anda berbisnis.
  • Kerja sama dengan partner yang punya modal. Saya sarankan jika ide bisnis Anda memang membutuhkan modal yang cukup besar. Jika dengan cara-cara diatas masih bisa, hindari kerja sama.

Susah?

Lalu maunya apa?

Jika Anda memang serius mau bisnis dan memang harus ada modal, ya Anda harus membayar dengan kerja keras. Semuanya ada harganya. Jangan kalah sama kakek-kakek bernama Kolonel Sander, diusia menginjak kepala 6, hanya bermodalkan resep, tapi dia pantang menyerah.

sander

Dia mengajak kerja sama dengan berbagai restoran, 1.009 kali ditolak. Anda sudah membuat proposal bisnis belum? Anda sudah menawarkan porposal ke berapa orang? Kalau baru beberapa orang menolak proposal Anda dan Anda menyerah, malu donk sama si kakek.

Nol Ilmu dan Pengalaman

Nol ilmu dan pengalaman biasanya satu paket, ya namanya juga baru mulai. Itu wajar, jangan berkecil hati. Jika belum punya ilmu dan pengalaman, ya kita mulai mendapatkan sekarang.

Bingung Mulai Dari Mana

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah bingung memulai dari mana.

Langkah Pertama: Miliki Wawasan Yang Cukup

Mulailah dengan memiliki wawasan bisnis online yang cukup. Anda bingung karena Anda belum memiliki wawasan. Tidak punya wawasan bisnis online juga menjadi salah satu banyak orang yang terjebak ke bisnis penipuan.

  • Miliki wawasan tentang berbagai model bisnis online, produk-produk, jasa, dan sebagainya. Dengan membaca berbagai artikel di blog ini pun Anda akan mendapatkan berbagai wawasan bisnis online.
  • Miliki wawasan tentang berbagai teknik pemasaran seperti SEO, Facebook Marketing, Facebook Ads, Twitter Marketing, Instagram Marketing, dan sebagainya.
  • Miliki wawasan tentang konsep bisnis secara garis besar.

Makin banyak ilmu makin bingung?

Tidak juga. Kuncinya Anda cukup memiliki wawasan dulu. Tujuannya Anda hanya sekedar mengetahui secara umum tentang bisnis online. Bukan untuk dilakukan semuanya. Hanya untuk mengetahui kemudian “simpan dulu” di otak Anda.

Wawasan yang cukup akan sangat membantu langkah selanjutnya.

Langkah Kedua: Pilih dan Ambil Keputusan

Salah satu kesalahan pebisnis pemula adalah tidak fokus. Untuk itu, sejak awal Anda harus belajar untuk memfokuskan diri dengan cara memilih dan memutuskan.

  • Model bisnisnya seperti apa? Ambil saja contoh yang dilakukan seseorang.
  • Mau memilih ceruk pasar apa? Jika bingung, Anda mau jual produk apa untuk siapa? Meski pun Anda belum punya produk atau memang tidak akan jual produk, tapi pikirkan bahwa Anda akan menjual sesuatu. Intinya supaya jelas Anda mau masuk di bidang apa.
  • Metode pemasaran apa yang akan Anda gunakan? Apakah mau SEO, FB Ads, Social Media Marketing?

Sederhananya adalah Anda sudah punya gambaran mau bisnis apa dan cara pemasarannya seperti apa. Fokus saja. Fokus pada 1 bidang (ceruk pasar) dan fokus pada 1 teknik pemasaran.

Saya katakan fokus pada 1 ceruk pasar. Bukan produk. Meski pun Anda bisa memulai dengan memilih satu produk, tapi fahami bahwa Anda mungkin menjual produk lain untuk 1 target pasar yang sama. Memilih 1 produk anggap memilih satu ceruk pasar juga.

Misalnya Anda memilih menjual jilbab untuk mamah muda. Mamah muda yang seperti apa? Yang memiliki jiwa sosialita tinggi dan kalangan ekonomi menengah keatas. Kedepannya Anda bisa menjual gamis, tas, sepatu, dan sebagainya untuk terget yang sama. Teknik pemasarannya dengan instagram, misalnya.

Inilah yang disebut ide bisnis. Jadi ide bisnis itu bukan ide produk ya. Tetapi lebih menyeluruh, model bisnisnya seperti apa, ceruk pasarnya siapa, dan bagaimana metode pemasarannya.

Langkah Ketiga: Mengumpulkan Apa Yang Diperlukan

Setelah Anda memutuskan mau apa, maka Anda sudah dengan mudah membuat daftar kebutuhan Anda untuk menjalankan bisnis.

  • Ilmu dan keterampilan apa saja yang dibutuhkan
  • Sumber daya apa saja yang dibutuhkan

Buatlah daftar, kemudian rencanakan bagaimana cara mendapatkan atau memiliki apa yang Anda butuhkan. Jika Anda belum punya modal, silahkan lihat apa yang dibahas diatas. Masukan ke dalam rencana Anda, bagaimana cara Anda mendapatkan modal.

Jika Anda masih bingung apa saja yang diperlukan agar bisnis Anda bisa jalan, maka bertanyalah. Anda bisa bertanya kepada orang yang sudah menjalankan bisnis yang sama. Jika dia kesulitan menjelaskan, masuklah ke dalam dan amati apa saja yang dibutuhkan. Tentu kalau Anda kenal baik dengan mereka.

Atau silahkan gunakan Google, cari buku, dan berbagai informasi lainnya yang membahas bisnis yang akan Anda geluti.

Tidak perlu rencana rumit, yang sederhana saja.

“Saya tidak memerlukan apa-apa untuk memulai bisnis”

Wah bagus. Jika kesimpulan Anda bahwa Anda tidak membutuhkan apa-apa (lagi), maka langkah selanjutnya mulailah jalankan bisnis Anda.

Apakah ini bisa terjadi? Tentu saja bisa jika Anda memilih ide bisnis berdasarkan aset yang sudah Anda miliki saat ini seperti aset fisik dan aset intelektual. Jika semuanya sudah Anda miliki, artinya tinggal jalan. Buat rencana bisnis (bukan rencana memulai, tetap rencana menjalankan). Memudian mulailah bertindak.

Langkah Keempat: Mulailah Bertindak

Jika masih ada hal-hal yang harus Anda dapatkan, maka langkah selanjutnya adalah mulai bertindak mengumpulkan apa yang Anda butuhkan agar bisnis Anda bisa mulai jalan.

“Apa yang bisa dilakukan hari ini?”

Itu adalah pertanyaan yang harus ada tanyakan setiap hari sambil membayangkan bisnis Anda dan melihat daftar rencana yang sudah Anda buat.

Jika rencana Anda cukup panjang, maka pilih apa yang bisa dilakukan hari ini. Beberapa saja, tidak harus semua. Pilih dan ambil tindakan.

Jika bingung, maka buat rencana bagaimana agar tidak bingung. Nah lho? Tambah bingung!

Contohnya begini …

Misalnya dalam rencana Anda ditulis: Membuat desain pertama jilbab.

Tapi Anda tidak bisa desain dan bingung harus menyuruh siapa.

Lalu bagaimana agar ini bisa terwujud.

Maka Anda buat rencana mencari informasi tentang desain jilbab. Mencari informasi adalah jurus jitu jika Anda bingung. Bukan melamun ya.

Mencari informasi bisa dilakukan dengan cara:

  • cari di Google tentang desain jilbab
  • cari jasa desain jilbab
  • cari kursus desain jilbab
  • tanya teman yang berbisnis jilbab
  • dan sebagainya …

Sampai Anda faham dan jelas apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Google bisa menjadi sahabat Anda saat bingung. Bukan melamun, buka Google dan cari informasi.

Jika Anda berkata belum punya pengalaman, maka mulailah bertindak, karena tindakan akan membentuk pengalaman Anda.

Jangan Menunggu Sempurna

Ya, mungkin saja Anda sudah membuat rencana mendapatkan apa pun yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis online. Namun kadang, semuanya tidak berjalan mulus. Ada beberapa hal yang sulit atau harus menunggu waktu sampai Anda mendapatkan.

Itu tidak masalah. Itu biasa. Jangan dijadikan hambatan sehingga bisnis online Anda tidak juga berjalan. Mulailah sebisanya. Apa yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis.

Sebagai contoh, misalnya masih menjual jilbab kepada mamah mudah kaya. Anda sedang membuat desain, kemudian memproduksi, dan sebagainya. Tapi tidak berjalan lancar dan masih butuh waktu.

Mulailah Membangun Kolam

Maka, mulailah Anda menjalankan bisnis. Meski pun produknya belum ada, tetapi Anda sudah mulai bisa mengumpulkan calon pembeli produk Anda.

Cari ide bagaimana agar Anda bisa mendapatkan daftar data mereka, sehingga nanti jika produknya sudah siap tinggal Anda tawarkan kepada daftar kontak yang sudah Anda miliki.

Contohnya:

  • Kumpulkan pin BB mereka.
  • Kumpulkan no WA mereka.
  • Buat group Facebook.
  • Buat group Line.
  • Buat group WA
  • Buat group Telegram
  • Buat akun Instagram dan bangun follower.
  • Buat mailing list (email)
  • dan sebagainya.

Orang pemasaran menyebutkan dengan “membangun kolam”. “Kolam” yang dimaksud adalah kumpulan orang-orang yang cirinya sesuai dengan target pasar Anda.

Cara membangun kolam:

  1. Pilih tema yang menarik dan tentu harus sesuai dan dibutuhkan oleh target pasar Anda.
  2. Pilih media Anda membentuk kolam.
  3. Mulailah promosikan baik dengan iklan maupun viral dari mulut ke mulut.
  4. Pelihara kolam dengan memberi “makan” berupa konten dan informasi yang sangat bermanfaat sehingga mereka percaya dan suka kepada Anda.

Contoh saja, untuk membidik mamah muda, Muslimah, dan kaya, Anda bisa membuat sebuah group parenting untuk orang tua yang anaknya sekolah di sekolah Islam swasta. Mudah-mudahan mahmud Muslimah kaya masuk ke group ini. Ini contoh saja, silahkan cari ide lainnya.

Perbesar terus kolam Anda. Saat kolam Anda sudah besar dan Anda sudah punya produk, maka dengan mudah Anda bisa menawarkan produk Anda.

Tentu saja, perlu teknik elegan untuk menjual produk ke member kolam yang kita buat. Produk itu harus menjadi solusi bagi mereka. Jika Anda dianggal sebagai “dewa penolong” dengan cara menjual sebuah produk solutif, maka uang akan mengalir terus.

Banyak cara membangun kolam. Membuat blog dengan tema tertarget, kemudian dipasang kode pixel facebook, itu adalah cara membangun kolam yang tidak kelihatan. Anda juga bisa membangun kolam dengan fan page, dengan twitter, dan sebagainya.

Tentu akan membutuhkan beberapa kemampuan teknis termasuk kemampuan membuat konten yang bermanfaat untuk penghuni kolam Anda.

Mulailah Menghasilkan Cash

Mungkin produk Anda sudah ada, tetapi hal lainnya belum terpenuhi. Sambil melengkapi semua keperluan bisnis, Anda juga bisa memulai dengan menghasilkan cash dengan mulai menjual produk Anda sebisanya. Cash yang Anda hasilkan akan sangat membantu membangun bisnis Anda.

Untuk itulah kemampuan menjual dasar perlu dimiliki sejak awal. Anda bisa menawarkan di profil Facebook Anda, bisa menawarkan ke kontak BBM Anda, bisa menawarkan ke teman-teman, bisa menawarkan ke tetangga atau ke mana pun agar bisa mendapatkan cash.

Mulailah belajar promosi online yang mudah dan efektif. Bisa dengan SEO, memanfaatkan market place, dan sebagainya agar bisa menghasilkan penjualan sambil membangun bisnis Anda.

Cara sederhana menjual produk:

  1. Buat website atau blog sederhana, yang penting ada penawaran produk. Tampilkan cara menghubungi Anda, pin BBM, WA, Line, dan sebagainya.
  2. Promosikan dan datangkan pengunjung ke website Anda.

Penutup

Cara memulai bisnis online dari nol itu modal terpentingnya adalah kemauan dan keinginan yang kuat. Anda akan menghadapi berbagai hal yang harus dilakukan. Anda akan menemui berbagai masalah, halangan, dan rintangan. Namun jika Anda memiliki keinginan yang kuat, Anda akan berusaha untuk mengatasi semuanya.

Jika Anda merasa apa yang dijelaskan disini terlalu rumit, mungkin keinginan Anda yang kurang kuat. Mau tidak mau, ya seperti inilah membangun bisnis. Bahkan sebenarnya ini sederhana. Saya tidak menjelaskan bagaimana membangun bisnis raksasa, bisa pingsan Anda. He he.

Jika Anda masih bingung tentang panduan cara memulai bisnis online dari nol ini, tidak apa-apa. Itu wajar. Pemahaman Anda akan bertambah saat Anda membaca berulang-ulang. Pemahaman Anda akan semakin jelas jika Anda mulai mempraktikannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *