Cara Cepat Sukses dalam Berdagang

Salah satu cara cepat menghasilkan di rumah adalah berdagang. Untuk mengetahui cara cepat sukses dalam berdagang, sangat penting bagi Anda yang ingin menghasilkan uang di rumah.

Berdagang adalah cara cepat dan halal dalam mendapatkan uang.

Jadi adalah langkah positif jika Anda mau belajar cara berdagang.

Berdagang itu kadang mudah, kadang membutuhkan keterampilan yang tinggi.

Anda butuh uang cepat? Berdaganglah.

Praktek adalah Cara Cepat Sukses dalam Berdagang

Cara Cepat Sukses dalam Berdagang

Betul, praktek adalah cara cepat sukses dalam berdagang. Apakah akan langsung sukses? Belum tentu, bisa ya bisa tidak. Namun, jika Anda tidak praktek-praktek, dijamin lebih lama.

Tentu saja ilmu ditambah praktek akan mempercepat keberhasilan Anda dalam berdagang. Jadi miliki ilmu berdagang, kemudian praktekan. Bukan berarti berhenti belajar, setelah praktek Anda tetap harus meningkatkan ilmu Anda.

Semakin tinggi ilmu Anda dan semakin berpengalaman, maka akan semakin cepat Anda sukses dalam berdagang.

Berdagang Adalah Landasan Untuk Membangun Bisnis Besar

Banyak yang bertanya, bagaimana cara memulai bisnis. Salah satu cara terbaik adalah dengan memulai berdagang. Berdagang belum masuk ke bisnis, tetapi bisa menjadi langkah awal menuju sebuah bisnis.

Saat berdagang sudah jalan, barulah mulai membangun tim dan sistem, sehingga bisa berjalan dengan sendirinya. Itulah beda berdagang dengan bisnis. Bisnis ada tim dan sistem. Berdagang bisa sendirian.

Tapi tunda dulu belajar membangun tim dan sistem. Kita bisa mulai dengan belajar berdagang dengan cara praktek berdagang dulu.

Cara-cara Praktek Berdagang

Ada beberapa cara memulai praktek berdagang, diantaranya:

  • Mulailah dengan modal yang sedikit dan tanpa investasi besar. Siapkan mental untuk rugi, anggaplah ini sebagai latihan. Kalau berhasil bagus, jika tidak ini sebagai latihan.
  • Mulailah dengan reseller, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan modal banyak untuk memproduksi sendiri.
  • Anda bisa mulai praktek jualan dengan membantu atau bekerja di orang lain yang sudah lama.

Tujuan dari 3 cara diatas adalah untuk memberikan feel pada diri Anda, bagaimana jualan itu. Saat Anda sudah mengetahui rasa dan caranya, maka saat Anda kembali belajar akan jauh lebih mudah memahami.

Jangan terjebak dengan mengatakan, “ternyata teori dan praktek itu beda yah.” Jika Anda mengalami ini, karena ilmu Anda belum sampai. Anda praktek A dan Anda belajar B, ya jelas bedalah.

Kadang praktek dan teori itu memang ada perbedaan, tapi itu karena adanya perbedaan produk, perbedaan waktu, perbedaan pasar, perbedaan lingkungan dan sebagainya. Tapi lihat prinsipnya, akan ada kesamaan.

Jika Anda sudah bisa menemukan keselarasan antara praktek dan ilmu, ini yang akan menjadikan Anda lebih cepat jago berjualan. Mungkin orang yang sudah lama berdagang tidak mengalami kemajuan karena kekurangan dalam ilmunya.

Cara Cepat Sukses dalam Berdagang Adalah Dengan Menguasai Ilmunya

Seperti disebutkan diatas, kecepatan Anda berhasil dalam berdagang adalah ilmu + praktek. Diatas kita sudah membahas praktek, lalu ilmu apa yang perlu kita ketahui.

  • Product knowlegde atau ilmu tentang produk. Pengetahuan produk sangat penting. Supaya Anda bisa menjelaskan kepada calon pembeli dan supaya Anda mengetahui siapa target pasar Anda. Pelajari manfaat dan fungsi produk Anda serta fitur-fiturnya.
  • Siapa target pasar untuk produk Anda. Anda harus mengetahui siapa mereka. Apa ciri-ciri mereka dan dimana mereka berkumpul. Bisa juga, Anda sudah mengidentifikasi target pasar, kemudian mencari produknya. Cara kerja bisa bulak balik, apakah produk dulu atau pasar dulu.
  • Anda harus mengetahui bagaimana cara menjangkau atau mendatangkan target pasar. Kalau Anda sudah mengetahui siapa target pasar, maka langkah ini akan menjadi lebih mudah.
  • Ketahui cara menawarkan produk. Menawarkan produk bisa seperti sales yang menjelaskan produk panjang lebar. Atau bisa saja hanya dengan menggelar dagangan di hadapan target pasar saja sudah cukup. Sesuaikan saja teknik menawarkan dengan produk dan target pasar Anda.

Cara belajar ilmu berdagang bisa dengan membaca buku, ikut seminar, ikut pelatihan, dan sebagainya. Bisa juga dengan praktek langsung seperti disebutkan diatas. Dan yang lebih baik adalah kombinasi keduanya.

Kadang ada orang yang tidak suka cara belajar dengan membaca buku atau pelatihan. Padahal sudah banyak bukti setelah membaca buku atau pulang pelatihan, dia langsung praktek dan meraih sukses.

Beda Produk Mungkin Beda Cara Berdagangnya

Apa yang dijelaskan diatas adalah cara berdagang secara umum. Beda produk akan berbeda detilnya. Misalnya menjual pula dan makanan jelas akan berbeda. Bahkan beda makanan pun bisa jadi berbeda menjualnya.

Anda berdagang nasi kuning akan berbeda cara jualannya dengan menjual siomay premium. Prinsipnya sama, tetapi detilnya yang berbeda.

Misalnya jualan nasih kuning cukup dengan meja yang Anda simpan di depan rumah. Siapkan kursi dan meja makan atau siapkan bungkus bagi yang mau dibungkus. Jangan salah, meski dengan cara sederhana seperti ini, omsetnya bisa lumayan.

Sementara jika kita menjual siomay premium, caranya akan sedikit berbeda. Bahkan menjual siomay biasa (murah) dengan menjual siomay premium (mahal) akan berbeda. Tempat dan kemasan harus menyesuaikan dengan apa yang Anda jual.

Anda bisa belajar cara berdagang dengan memperhatikan orang lain berdagang. Mempelajari orang lain berdagang juga salah satu dari cara belajar. Apalagi jika Anda bisa sampai ikut terlibat, akan lebih lengkap ilmunya.

Saat Anda punya dasar-dasar ilmu berdagang, kemudian Anda mengamati orang lain, maka apa yang Anda tangkap akan jauh lebih banyak dan dalam dibanding orang lain yang belum memahami dasar-dasar berdagang. Ilmu itu tidak pernah sia-sia.

Penutup

Mudah-mudahan pembahasan Cara Cepat Sukses dalam Berdagang bermanfaat bagi Anda dan tidak lama lagi Anda bisa bisa mulai berdagang dan menghasilkan uang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *